31 C
Kudus
Rabu, Juli 17, 2024

Hari Pertama PPDB Online, SMPN 2 Kudus Jadi Favorit

BETANEWS.ID, KUDUS – SMPN 2 Kudus menjadi sekolah favorit yang dituju murid dan wali murid pada hari pertama PPDB Online. PPDB akan berlangsung 24-27 Juni 2024.

Salah satunya, yakni Dyah Vivin (36) orang tua yang mau mendaftarkan anaknya di SMPN 2 Kudus. Menurutnya, alasan utama ingin menyekolahkan anaknya di sana, lantaran itu menurutnya salah satu sekolah favorit. Meski beralamat Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, pihaknya ingin mendaftar di jalur prestasi.

Baca Juga: Gen Z Kenalkan Wisata Lereng Muria

-Advertisement-

“Karena di sini SMP favorit, jadi kepengen anak sekolah di sini (SMPN 2 Kudus). Ini tadi baru cari informasi dulu, karena lebih mantep kalau datang langsung ke sekolah. Jadi belum daftar. Karena daftarnya kan online, setelah ini rencana mau daftar di sini lewat jalur prestasi,” bebernya, Senin (24/6/2024).

Meski dia mengetahui, calon peserta didik diperbolehkan mendaftar dua sekolah sekaligus dalam pendaftaran, pihaknya bahkan yakin bisa masuk dan diterima di sekolah tersebut. Sehingga rencananya akan mendaftar hanya di SMP itu saja.

“Ambil di sini saja, kayak yakin bisa masuk. Nilainya tinggi juga soalnya,” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan oleh wali murid lain, Agus Santoso (49). Berjarak sekitar 800 meter dari SMPN 2 Kudus, ia mengaku ingin mendaftarkan anaknya lewat jalur zonasi. Menjadi alumni di sana, ia ingin anaknya juga bersekolah di sana.

“Ini mau daftar ke sini lewat jalur zonasi dulu. Kalau memang tidak bisa ya lewat jalur prestasi, karena anak saya pemegang medali emas cabor pencak silat Popda tingkat Kabupaten Kudus,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Kudus, In Setyorini menambahkan, di hari pertama PPDB online di sekolahnya itu, antusias calon peserta didik sangat bagus sekali. Puluhan orang sudah terverifikasi sebagai calon pendaftar di sekolahan tersebut.

“Per pukul 9.30 WIB ini, sudah ada 50 orang yang mendaftar di hari pertama ini. Kebanyakan puluhan pendaftar itu masih didominasi jalur zonasi,” tuturnya.

Baca Juga: Forum Kalen dan Beta Media Telisik Persoalan Krisis Air dan Sanitasi di Kudus

Ia menjelaskan, kuota SMPN 2 Kudus tahun ini ada sebanyak 224 siswa. Dimana dalam PPDB yang dilakukan itu sesuai dari aturan Disdikpora Kabupaten Kudus. Yaitu ada empat jalur yang tengah dilakukan untuk pendaftaran.

“Jadi untuk jalur zonasi minimal 50 persen dari kuota, yaitu 112 siswa, jalur prestasi 30 persen atau sekitar 67 siswa, jalur afirmasi 15 persen atau 33 siswa, jalur perpindahan orang tua 5 persen atau 12 siswa. Tapi untuk jalur zonasi tergantung pendaftar, misal salah satu jalur selain zonasi tidak memenuhi syarat, maka akan ditambahkan di jalur zonasi,” rincinya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER