31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Triwulan Pertama, Realisasi Investasi Kudus Masih Jauh dari Target

BETANEWS.ID, KUDUS – Realisasi investasi Kabupaten Kudus masih jauh dari target. Pasalnya, hingga akhir Maret 2024, capaiannya hanya 15 persen dari target Rp2,05 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus, Harso Widodo, mengatakan, pada triwulan pertama seyogyanya capaian realisasi investasi itu minimal 40 persen.

“Pada triwulan pertama ini, capaian realisasi investasi baru 15 persen. Artinya ini masih jauh dari target,” ujar Harso saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

-Advertisement-

Baca juga: Target Investasi di Kudus Tahun Ini Rp2,05 Triliun, Kepala DPMPTSP: ‘Ini Tantangan’

Dengan raihan tersebut, tutur Harso, pihaknya pun akan terus bekerja keras agar target investasi bisa terpenuhi di akhir tahun. Di semester pertama ini, dia akan mengupayakan agar realisasi capaian investasi bisa 70 persen.

“Meski di triwulan pertama baru tercapai 15 persen, tetapi kita akan berupaya agar capaian investasi di Kudus bisa 70 persen di semester pertama, biar nanti di akhir tahun, target bisa tercapai,” bebernya.

Menurutnya, jika mengandalkan di akhir tahun tentunya akan kesulitan untuk mencapai target. Apalagi, bila ada hal-hal yang belum maksimal berkaitan dengan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang dilaporkan oleh masing-masing pelaku usaha.

“Oleh karena itu, meski masih jauh dari target, kami tetap optimis bisa mencapai target,” kata Harso.

Baca juga: Puluhan Koperasi di Kudus Akan Dibubarkan, Ada Apa?

Dia mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadikannya optimis, di antaranya, alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan adanya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengawasan LKPM.

“Tahun lalu ada dua tim pengawasan di bidang LKPM. Dengan bertambahnya satu tim lagi berarti ada tiga tim. Sehingga, per pekannya kita akan bisa lakukan pemantauan di 36 tempat usaha,” jelasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER