31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Waspada, Kiriman Air Bendung Dumpil Bakal Sampai di Bendung Wilalung Dini Hari Nanti

BETANEWS.ID, KUDUS – Meskibun saat ini debit air Bendung Wilalung sudah turun, namun warga dihimbau agar tetap waspada. Jumat (5/4/2024) dini hari nanti diperkirakan akan ada kiriman debit air dari Bendung Dumpil yang saat ini debitnya mencapai 203m³/detik.

Petugas Operator dan Pemeliharaan (OP) Bendung Wilalung, Achmad Ulin Nuha mengatakan, meski debit air di Bendung Wilalung saat ini menunjukan tren menurun atau semakin surut, namun warga di daerah hilir atau bawah dihimbau agar tetap waspada. Mengingat saat ini debit air di Bendung Dumpil ada kenaikan.

Baca Juga: Buangan Air Bendung Klambu Berkurang, Debit Air Bendung Wilalung Turun Signifikan

“Tetap waspada, karena saat ini ada penambahan lagi dari Bendung Dumpil sejak pukul 5.00 WIB, pagi ini. Debit airnya mencapai 203m³/detik dan sampai sekarang ini, pukul 9.00 WIB, debit air masih diangka 203m³/detik,” bebernya, Kamis (4/4/2024).

Menurutnya, energi air dari Bendung Dumpil, perjalanannya membutuhkan waktu 16-17 jam hingga sampai ke Bendung Wilalung. Sehingga pihaknya memperkirakan, debit air kiriman dari Bendung Dumpil sampai Bendung Wilalung, akan tiba Jumat (5/4/2024) pukul 2.00 WIB.

“Kemungkinan sampai Bendung Klambu pukul 10 malam, kalau sampai sini (Bendung Wilalung) ya sekitar pukul 2 dini hari besok. Kalau dari hulu serang tidak ditambah hujan, air tidak begitu naik,” terangnya.

Ia menyampaikan, saat ini kondisi cuaca di daerah hulu sudah cerah. Sehingga diharapkan debit air sampai di Bendung Wilalung aman terkendali. Supaya pembagian air, baik di sungai Wulan maupun sungai Juwana tidak besar seperti kemarin, saat debit air melebihi ambang batas maksimal yaitu 1.100m³/detik.

Baca Juga: 69 Karyawan di Kudus di PHK pada Triwulan Pertama 2024

“Himbauan agar masyarakat tetap berhati-hati dan waspada karena ada penambahan debit air dari Bendung Dumpil. Sebab, cuaca tidak menentu. Sekarang elevasi masih rendah semakin surut dan dari Bendung Klambu juga sudah semakin surut juga, kemungkinan ya surut besok,” ujarnya.

Ia menambahkan,debit air di Bendung Wilalung saat ini menurun secara signifikan. Menurutnya, elevasi walking tanggul di sana per pukul 12.00 WIB, di angka 278 centimeter. Sementara debit buangan air dari Bendung Klambu per pukul 12.00 WIB 381.400m³/detik.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER