31 C
Kudus
Senin, Mei 27, 2024

PDIP Jepara Buka Peluang Usung Non Kader Dalam Pilkada 2024, PAC: ‘Harus dari Kader’

BETANEWS.ID, JEPARA – Tujuh bulan menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) membuka peluang bagi siapa saja termasuk yang bukan kader PDIP untuk diusulkan dalam pemilihan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Jepara.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P), Andang Wahyu Triyanto mengatakan bahwa dari PDI-P nantinya usulan nama tersebut akan disampaikan terlebih dahulu ke pimpinan partai di tingkat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendapat persetujuan.

Baca Juga: Biaya Naik, Jasa Tukar Uang Receh di Jepara Diprotes Warga

-Advertisement-

“Seluruh komponen yang ada di Kabupaten Jepara, baik kader, internal, struktural, kultural, tokoh masyarakat, akan kita akomodir untuk secara bersama-sama kita diskusikan dan usulkan kepada pimpinan partai baik di provinsi maupun pusat,” katanya pada Jum’at (5/4/2024) di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. 

Meskipun dari PDI-P membuka peluang bagi non kader, tetapi dari tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC) PDI-P yang ada di Kabupaten Jepara justru mensyaratkan bahwa Cabup yang diusung harus berasal dari kader partai.

Sedangkan untuk Cawabup bisa berasal dari Kader partai lain mengingat perolehan suara PDI-P dalam Pemilihan Legislatif 2024 hanya delapan kursi. Sehingga tidak memenuhi syarat untuk mengusung sendiri Cabup maupun Cawabup.

“Pertama dari PAC itu harus dari kader sendiri yang pertama itu, kemudian minimal pernah menjabat pengurus baik tingkat PAC, DPC, atau DPD minimal lima tahun,” ujar Ali Mahmudi, Ketua PAC PDI-P Kecamatan Donorojo.

Dari pengurus PAC, menurutnya juga menolak calon non kader dengan alasan bahwa jika berasal dari luar partai kurang bisa dipercaya.

“Menolak kader dari luar partai karena kalau diluar partai mudah berkhianat contohnya seperti yang sudah-sudah,” tambahnya.

Baca Juga: Pejuang Lingkungan Namun Tak Dapat Perlindungan Hukum, Kuasa Hukum Daniel Ajukan Banding

Sebagai persiapan menghadapi Pilkada yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang, Andang menambahkan bahwa sesuai instruksi dari pusat, saat ini dari PDI-P sedang memetakan kekuatan serta membentuk panitia desk Pilkada dan panitia penjaringan calon.

“Kita di internal partai pada saat ini sedang melakukan pemetaan kekuatan sesuai dengan hasil Pemilu Legislatif 2024 baik di internal PDI-P maupun teman-teman di partai lain. Awal April, panitia desk Pilkada juga akan memutuskan pendaftaran (calon) ini sampai kapan dan nanti juga akan kita lakukan verifikasi,” jelasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
137,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER