31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Debit Air Bendung Wilalung Masih 663M³/Detik tapi Pintu Arah Sungai Juwana Dibuka, Ada Apa?

BETANEWS.ID, KUDUS – Intensitas curah hujan tinggi yang mengguyur di sejumlah tempat, terutama daerah hulu mengakibatkan debit air kiriman dari Bendung Klambu menuju Bendung Wilalung semakin naik. Kondisi debit air pada pukul 11.00 WIB mencapai 663.600m³/detik.

Operator dan Pemelihara (OP) Bendung Wilalung, Sugeng Hartanto mengatakan, saat ini kondisi debit air di Bendung Wilalung sudah berstatus siaga. Meski air kiriman Bendung Klambu belum mencapai Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk dialirkan ke Sungai Juwana yakni pada debit 800m³/detik, saat ini sudah dialirkan ke sungai tersebut.

“Bendung Wilalung masuk (status) siaga atau berwarna kuning. Buangan air dari Bendung Klambu sekitar 600m³/detik, tapi sudah dibuka ke arah arus lembah Sungai Juwana, totalnya saat ini 30 centimeter,” bebernya saat ditemui di kantornya, Rabu (3/4/2024).

Baca juga: LPJU Padam Diganti, Pemkab Jamin Kudus Akan Terang Benderang Saat Lebaran

Menurutnya, pembukaan air menuju ke arah Sungai Juwana yang dibuka tak sesuai dengan SOP itu atas dasar perintah dari kepala PPK Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Bertujuan untuk mengurangi tekanan air pada tanggul yang masih dalam proses penguatan pasca jebolnya tanggul.

“Pembukaan air ke arah Sungai Juwana itu untuk mengurangi tekanan air pada tanggul yang masih dalam recovery di Norowito. Kemudian atas dasar perintah kepala PPK balai besar wilayah sungai (BBWS) Pemali Juwana,” ungkapnya.

Sugeng menyebut, pembukaan pintu ke arah Sungai Juwana dilakukan secara berkala. Yaitu dilakukan sejak kemarin, Selasa (2/4/2024) per pukul 13.00 WIB setinggi 20 centimeter. Kemudian pembukaan pintu dilakukan lagi di pukul 23.00 WIB dengan penambahan bukaan 10 centimeter. Sehingga bukaan pintu ke arah Sungai Juwana saat ini mencapai 30 centimeter.

Baca juga: Masyarakat Kerja Bakti Perbaiki Pintu Saluran Air Undaan Lor Kudus

Ia menjelaskan, debit air dari hulu saat ini menunjukan trend naik sejak tadi pagi. Ia menyebut, naiknya debit air saat ini dikarena intensitas curah hujan beberapa hari ini dari hulu. Sehingga, air di Bendung Wilalung yang merupakan kiriman dari hulu atau bendung Klambu saat ini juga ikut naik.

“Buangan air dari Bendung Klambu ada kenaikan dari tadi pagi, karena ada faktor curah hujan di daerah atas. Sementara ini di wilayah Bendung Wilalung cuacanya cerah, tapi ada awan sedikit-sedikit,” ujarnya.

Ia menuturkan, saat ini kondisi elevasi walking tanggul di Bendung Wilalung per pukul 11.00 WIB mencapai 270 centimeter, dengan tinggi jagaan tanggul 70 centimeter.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER