31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

LPJU Padam Diganti, Pemkab Jamin Kudus Akan Terang Benderang Saat Lebaran

BETANEWS.ID, KUDUS – Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) jadi salah satu prioritas kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus jelang Lebaran. Hal itu sebagai upaya memberikan kenyamanan pada pemudik dan warga yang akan beraktivitas pada malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus, Catur Sulistyanto melalui Kasi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Nanang Ary, mengatakan, ada tiga sasaran untuk menjadikan Kudus jadi terang benderang jelang lebaran. Di antaranya adalah LPJU dalam kota dan LPJU di jalan alternatif mudik lebaran.

“Selain itu kita juga ada di LPJU di Jalan Nasional yakni Jalan Lingkar Timur yang dikeluhkan warga karena gelap. Walaupun kita tidak menangani langsung, tapi sudah koordinasi dengan Dishub Jawa Tengah dan sudah memastikan LPJU di jalan tersebut bisa berfungsi optimal sebelum lebaran,” ujar Nanang, di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2024).

Baca juga: Jelang Arus Mudik, Dishub Rilis Titik Jalan Rawan Kecelakaan dan Macet di Kudus

LPJU di dalam kota, lanjutnya, akan difokuskan di Jalan Jenderal Soedirman, Jalan Dokter Ramelan, Jalan Sunan Kudus, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda. Menurutnya, di ruas-ruas jalan tersebut cukup banyak LPJU yang padam.

“LPJU di dalam kota yang padam jumlahnya kurang lebih 34 titik. Lampu yang padam sudah mulai kita ganti, dan kita targetkan sebelum Lebaran sudah selesai dan nyala kembali,” bebernya.

Sementara LPJU di ruas jalan alternatif mudik, yakni mulai lampu merah Perempatan Jepang, Kecamatan Mejobo ke Timur hingga Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo. Menurutnya, jalan tersebut juga cukup gelap karena banyak LPJU yang mati.

“Di ruas jalan alternatif mudik tersebut terdapat 11 LPJU yang mati. Lampu-lampu yang mati akan segera kita ganti agar kembali nyala dan terang,” ungkapnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Alokasikan Rp19,5 M Dana Cukai untuk Jaminan Kesehatan Warga Miskin

Nanang mengatakan, tak ada anggaran khusus untuk menjadikan Kudus terang benderang jelang Lebaran. Dananya itu sudah berkaitan dengan anggaran pemeliharaan dan pengadaan LPJU di 2024.

“Total anggaran pemeilharaan LPJU di tahun 2024 kurang lebih Rp1,6 miliar. Sementara jumlah LPJU di Kudus ada 6,6 ribu titik,” jelasnya. (adv)

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER