31 C
Kudus
Rabu, April 24, 2024

Jelang Arus Mudik, Dishub Rilis Titik Jalan Rawan Kecelakaan dan Macet di Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus merilis titik-titik ruas yang rawan terjadi kecelakaan lalu lintas serta ruas yang dimungkinkan akan macet saat arus mudik Lebaran.

Kepala Dishub Kudus, Catur Sulistyanto, menyampaikan, ada empat titik ruas jalan rawan kecelakaan, yaitu Jalan Lingkar Timur Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Jalan Pantura Kudus-Pati atau tepatnya sebelah Timur Kantor Polsek Jekulo.

“Selain itu, Jalan Pantura Kudus-Pati yang berada di Taman Bumi Wangi Jekulo, serta Pantura Kudus-Pati depan PT Pura Barutama, Desa Terban, Kecamatan Jekulo,” ujar Catur melalui siaran tertulisnya kepada Betanews.id, belum lama ini.

Baca juga: Pembangunan Jembatan Kalirejo Ditarget Rampung Sebelum Arus Mudik Lebaran

Sementara untuk titik kemacetan, lanjut Catur, ada di delapan ruas jalan, terdiri lima ruas jalan di dalam kota dan tiga ruas jalan Pantura. Lima ruas jalan di dalam kota yang sering macet, ungkapnya, yakni jalan depan Pasar Kliwon Kudus, Pasar Bitingan, Swalayan Ada, Simpang Empat Jember, dan Kawasan Menara Kudus.

“Sementara ruas Jalan Pantura yang sering macet adalah, Simpang 4 Sumber, Simpang 4 Krawang, serta Simpang 3 Bulung,” bebernya.

Selain merilis titik ruas jalan yang rawan kecelakaan dan sering macet, Catur juga menyampaikan bahwa Dishub Kudus juga sudah melakukan aksi penanganan. Di antaranya, pemasangan rambu hati-hati, pemasangan warning light dan pemasangan rambu portabel imbauan rawan kecelakaan.

Baca juga: Mohon Bersabar, Perbaikan Jalan Pantura Kudus-Demak Ditarget Rampung H-5 Lebaran

Sementara di bidang sarana dan keselamatan, ungkapnya, dilakukan pemeriksaan kelaikan angkutan umum di terminal (ramp check). Melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesiapan armada angkutan Lebaran 2024 pada Perusahaan Otobus (PO). Melakukan pendekatan dan pembinaan kepada masyarakat pemilik angkutan non umum (reguler), serta menyiagakan tim LPJU dan traffic light apabila ada yang padam.

“Semua penanganan tersebut guna menunjang kelancaran dan kesuksesan masa mudik Idulfitri 2024,” imbuhnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER