31 C
Kudus
Sabtu, April 13, 2024

Warga Desa Tanjungkarang Kudus Sudah Akrab dengan Banjir Tahunan

BETANEWS.ID, KUDUS – Banjir di Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, ketinggiannya mencapai antara 30-50 centimeter pada Kamis (14/3/2024). Banjir yang melanda desa tersebut sudah terjadi sejak dua hari lalu dan menggenangi akses jalan.

Saat ini kondisi banjir sudah memasuki sebagian rumah warga dengan ketinggian yang beragam. Meski begitu, mereka tak heran jika harus terdampak oleh genangan banjir yang selalu menggenangi rumah mereka, setiap musim penghujan.

Baca Juga: Petani Karangrowo Kudus Babak Belur; Harga Gabah Turun, Padi Siap Panen Kebanjiran

Bambang, salah satu warga mengatakan, saat ini kediaman rumahnya sudah tergenangi air banjir sejak pukul 03.00 WIB. Ketinggian air yang menggenangi rumahnya sekitar 5-10 centimeter.

“Tiap tahun terjadi banjir seperti ini, cuman yang paling parah tahun ini, yang kemarin ya tidak seperti ini,” katanya, Kamis (14/3/2024).

Ia menyebut, kebanyakan warga tetap bertahan meski banjir semakin tinggi. Mengingat kondisi di area Kabupaten Kudus, saat ini masih dilanda hujan.

“Penyebabnya karena tingginya curah hujan. Memang di sini kan sudah menjadi langganan (banjir) setiap ada hujan. Untuk genangan air di sini (Desa Tanjungkarang) mulai dua hari lalu,” tuturnya.

Baca Juga: Bendung Wilalung Berstatus Awas, Dibuka 10 Cm ke Arah Sungai Juwana

Hal senada juga disampaikan oleh warga lain, yakni Gunawan. Pria berusia 50 tahun itu menuturkan, sejak kemarin, Rabu (13/3/2024) sore banjir mlai meninggi. Hingga subuh tadi, ketinggian air yang menggenangi rumahnya semakin tinggi, sampai 50 sentimeter.

“Kemarin sore sudah mulai tinggi banjir di sini, ketinggian air terlihat semakin tinggi sejak subuh tadi. Sementara untuk ketinggian air masuk dalam rumah capai 50 sentimeter. Penyebabnya ya karena curah hujan yang cukup tinggi, sementara desa kami dengan lokasi strategis yang rendah,” jelas warga RT 4 RW 1 Desa Tanjungkarang.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER