31 C
Kudus
Jumat, April 19, 2024

Soal Penetapan Status Darurat Bencana Banjir, Pemkab Pati ‘Tunggu’ Ada Korban Jiwa

BETANEWS.ID, PATI – Meski saat ini ada puluhan desa di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Pati terdampak banjir, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati belum menetapkan status tanggap darurat bencana.

Dalam hal ini, pihak terkait masih mengkaji Peraturan Bupati Pati Nomor & Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Pati Nomor 36 Tahun 2013 tentang Pedoman Penentuan Status Keadaan Darurat Bencana.

Dalam aturan itu, ada salah satu poin, bahwa untuk penentuan status keadaan darurat bencana untuk bencana alam banjir, terdapat kriteria yang berbunyi, bahwa korban bencana meliputi, korban jiwa. Poin ini yang menjadi ganjalan terkait penetapan status tanggap darurat bencana.

Baca juga: Sambangi Lokasi Sawah Kebanjiran di Pati, Dirjen Tanaman Pangan Kementan Tebar Bantuan

Penjabat  Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan, sebetulnya pihaknya ingin status tanggap darurat bisa segera ditetapkan. Hal ini supaya penanganan bencana bisa lebih cepat dan menyeluruh.

“Semoga bisa segera kita tetapkan, bisa segera melakukan penanganan-penanganan. Harapannya masyarakat tidak terlalu lama nanti berada di dalam dampak banjir yang terjadi,” ujarnya usai mengikuti rapat rencana penetapan status tanggap darurat bencana pada Kamis (21/3/2024).

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya tidak bisa langsung menetapkan status tanggap darurat. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya minimal ada empat kecamatan yang terendam banjir.

“Ini sudah masuk, karena memang dalam ketentuan yang ada di Peraturan Bupati kan minimal empat kecamatan. Saat ini kita ada delapan kecamatan. Kemudian dampak-dampak lain semuanya sudah masuk. Ada sarana prasarana yang butuh perbaikan di beberapa titik,” ungkapnya.

Baca juga: Desa Sunggingwarno Gabus Dikepung Banjir, Stok Pangan Warga Mulai Menipis

Ia menyebut, data dari Dinas Pertanian sebanyak 75 desa terendam banjir karena termasuk area persawahan. Sedangkan data dari BPBD berdasarkan jumlah lahan pemukiman yang terendam banjir.

“Sampai saat ini kita mengumpulkan data kondisi yang terjadi. Kalau dari BPBD itu 51 desa yang terendam banjir, data dari Kodim 0718/Pati menyebut 55 desa terendam banjir dan dari Dinas Pertanian menyebut 75 desa terendam, “jelasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER