31 C
Kudus
Selasa, April 16, 2024

Berkah Puasa, Penjual Kurma di Kudus Diserbu Pembeli, Sehari Laku Hingga 500 Kg

BETANEWS.ID, KUDUS – Beberapa pembeli silih berganti berdatangan di lapak jual kurma sekitar Menara Kudus, tepatnya berada di perempatan Menara Kudus. Berbagai jenis kurma tersedia di lapak Siti Pasmi, yang banyak diminati semua kalangan, terutama orang muslim di momen puasa seperti ini.

Siti mengatakan, di bulan suci Ramadhan seperti sudah menjadi hal yang wajar, jika penjualan kurma diburu sebagian besar masyarakat Kudus. Terlebih, kurma menjadi menu buka puasa yang disunnahkan Nabi Muhammad.

Baca Juga: Jalan Tanjungkarang yang Sempat Ditanami Pisang Kini Sudah Diperbaiki

“Alhamdulillah ramai banget, di momen puasa ini dibuat untuk buka puasa sesuai dengan sunah Rasulullah. Jadi banyak pembeli yang berdatangan,” bebernya, Selasa (12/3/2024).

Saking ramainya, Siti mengaku bisa menjual kurma atau laku hingga 500 kilogram dalam sehari. Ia menuturkan, mulai raminya permintaan kurma dari pembeli itu sejak satu pekan sebelum puasa. Banyak dari mereka, tak hanya warga Kudus, tapi juga luar Kudus yang membeli kurma di warungnya.

“Sehari kalau memang ramai banget bisa jual sampai setengah ton. Tapi ya tergantung dari pembelinya juga. Sejauh ini untuk pembeli dari Kudus, Jepara, Pati Semarang, hingga Surabaya,” tutur wanita yang berusia hampir 60 tahun itu.

Ia menjelaskan, di lapaknya menyediakan setidaknya 50 jenis kurma, di antaranya jenis golden, slayer, acol, sukkari, dan masih banyak lagi. Menurutnya, paling banyak diminati jenis golden dengan harga sekitar Rp60 ribu.

“Untuk kisaran harga mulai dari Rp40 ribu sampai dengan Rp600 ribu, per kilogramnya. Karena untuk jenis kurma ada banyak dan harganya berbeda-beda,” ujarnya.

Baca Juga: Perda di Kudus Ini Jadi Penyebab Investor Sering Mundur, Kok Bisa?

Salah satu pembeli, Suryadi mengaku sengaja membeli kurma untuk menu buka puasa dengan keluarganya. Membeli satu kilogram kurma, warga Kelurahan Melati Kidul, mengaku membeli kurma jenis yang lumayan bagus, yakni satu kilogramnya harga Rp100 ribu.

“Ya Sunnah Rasulullah kan makan kurma di saat buka puasa. Ini untuk persediaan satu keluarga, nanti kalau habis ya beli lagi,” imbuhnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER