31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Tinjau Banjir Demak, Menteri PUPR Basuki Targetkan Penambalan Tanggul Sungai Wulan Kelar 3 Hari 

BETANEWS.ID, DEMAK – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau langsung banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Senin (12/2/2024). Setelah meninjau kondisi permukiman, Basuki langsung melihat proses penambalan tanggul Sungai Wulan yang jebol. Banjir di Kabupaten Demak ini memang jadi perhatian Pemerintah Pusat, karena mengakibatkan putusnya Jalan Raya Pantura Demak-Kudus. 

Basuki mengatakan, ada dua titik tanggul Sungai Wulan yang jebol dengan panjang total kurang lebih 25 meter. Untuk mempercepat pekerjaan, penambalan tanggul menggunakan 5 unit eskavator dan akan dikebut siang dan malam. 

Para pekerja mengebut penambalan tanggul Sungai Wulan yang jebol. Foto: Rabu Sipan

“Penambalan masih terus berlangsung. Mungkin sekitar 20 persennya. Kita targetkan dua atau tiga hari ke depan penambalan tanggul rampung. Pengerjaan tanggul, terus kita kebut agar cepat selesai. Kita kerjakan 12 jam sehari,” bebernya.

Baca juga: Sempat Surut, Banjir Demak Naik Lagi 50 Cm, Warga Kembali Waswas

Menurutnya, yang jadi kendala proses penambalan tanggul adalah akses, karena untuk mengangkut material hanya lewat tanggul sungai. Sementara tanggul juga dijadikan pengungsian warga korban banjir. 

“Selain dijadikan pengungsian warga, tanggul itu juga becek. Sehingga pengangkutan material hanya menggunakan eskavator, dan pergerakannya tidak bisa bebas dan cepat,” bebernya. 

Basuki mengungkapkan, saat ini air yang mengalir ke Sungai Wulan hanya dari Sungai Lusi. Sementara yang dari Sungai Serang dan Kedungombo saat ini sudah tidak ada aliran ke Sungai Wulan.

Baca juga: 200 Korban Banjir Demak Tempati Posko Terminal Jati Kudus

“Air dari Waduk Kedungombo sudah kita tutup. Jadi saat ini tidak ada aliran air dari Kedung ombo,” ungkapnya. 

Sebagai informasi, banjir di Karanganyar, Kabupaten Demak terjadi sejak Kamis (8/2/2024). Banjir terjadi dikarenakan tanggul Sungai Wulan jebol. Bahkan, banjir ini disebut yang terparah di Kabupaten Demak. Ketinggian air banjir tahun ini mencapai empat meter dan melumpuhkan Jalur Pantura Demak-Kudus. 

Editor: Ahmad Muhlisin 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER