31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Resmikan Pemancingan Kartini, Pemkab Jepara Bangun Kawasan Minapolitan

BETANEWS.ID, JEPARA – Dinas Perikanan (Diskan) meresmikan Pemancingan Kartini, sebagai salah satu bagian dari kawasan Minapolitan di Kelurahan Bulu, Kecamatan/Kabupaten Jepara.

Farikhah Elida, Kepala Diskan Kabupaten Jepara menjelaskan selain kolam pemancingan sebagai tempat budidaya ikan, kawasan tersebut juga terdapat kios hasil perikanan.

Baca Juga: KPU Jepara Siapkan Dua TPS Khusus Bagi 208 Napi di Rutan Kelas IIB

“Binaan Diskan ini kan ada Polaksar yang mengolah hasil perikanan, kemudian pemasaran di kios perikanan, dan paguyuban yang mengelola kolam pemancingan. Jadi semua Binaan Diskan jadi satu di Kawasan Minapolitan,” katanya pada Jum’at (2/2/2024).

Kolam pemancingan yang juga berfungsi sebagai tempat budidaya ikan tersebut ia berharap dapat menjadi tempat edukasi bagi masyarakat.

Selain itu ia juga ingin membudidayakan kebiasaan makan ikan. Di kolam yang berisi inila nila merah tersebut, juga terdapat tempat pembudidayaan latoh mulai dari pembibitan sampai siap panen.

“Tujuannya untuk edukasi, masyarakat jadi gemar makan ikan, dan juga memperkenalkan latoh,” katanya.

Kolam ikan seluas 2,5 hektare tersebut, 1,6 hektare digunakan sebagai kawasan pembudidayaan latoh mulai dari bibit sampai remaja. Setelah remaja, latoh kemudian akan di pindah ke kawasan kolam ikan.

“Ada lima kolam, tiga kolam untuk budidaya latoh mulai dari kecil sampai pembibitan sampai remaja. Setelah remaja dipindah ke kolam untuk pemancingan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara, Edy Sudjatmiko yang hadir mewakili Pj Bupati Jepara mengatakan keberadaan kolam tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk mengoptimalkan kembali tambak ikan yang selama ini kurang terawat. Termasuk mengembalikan fungsi kios sebagai tempat pemasaran hasil perikanan.

Baca Juga: 17 Benda Bersejarah Ditemukan di Teluk Awur Jepara, Diduga Zaman Ratu Kalinyamat

Agar fasilitas tersebut semakin menarik minat masyarakat, ia berpesan agar dilakukan penataan saluran dan tempat parkir.

“Perlu juga ketegasan untuk menjaga pemanfaatan kios dan lahan ini sesuai fungsinya,” katanya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER