31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Pemkab Kudus Siapkan Rp6 Miliar untuk Tangani Bencana di Musim Hujan

BETANEWS.ID, KUDUS – Kabupaten Kudus beberapa kali dilanda hujan dengan kapasitas sedang hingga deras. Beberapa kali juga terjadi bencana alam, pohon tumbang, banjir bandang, hingga rumah rusak. Untuk penanganan bencana ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menyiapkan anggaran Rp6 miliar.

Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Mundir, menyampaikan, dana untuk penanganan bencana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Dana tersebut untuk pra bencana, ketika bencana dan setelah bencana. Insyallah anggaran tersebut cukup,” ujar Mundir usai pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana di Kantor BPBD Kudus, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Pemilu Digelar di Musim Hujan, 12 TPS di Kudus Rawan Bencana

Sesuai arahan Pemerintah Pusat, penanggulangan bencana daerah agar ditangani lintas sektoral. Oleh karena itu, pihaknya berkoordinasi dan membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana di Kabupaten Kudus.

“Untuk itu kami melibatkan beberapa kampus di Kudus, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Ikatan Badan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta dari komponen masyarakat,” rincinya.

Nantinya, lanjut Mundir, elemen yang tergabung dalam Forum Pengurangan Resiko Bencana mempunyai peran masing-masing. Namun, secara garis besarnya adalah untuk mencegah adanya korban jiwa ketika terjadi bencana alam.

“Kita perlu upaya-upaya agar risiko bencana yang terjadi tidak sampai menimbulkan korban jiwa, baik sebelum ada bencana, pada saat bencana terjadi, dan setelah terjadinya bencana,” jelasnya.

Baca juga: Pj Bupati Kudus Imbau Camat dan Kades Lakukan Mitigasi Bencana

Mundir mengatakan, untuk sarana dan prasarana penanganan bencana bisa dikatakan sudah siap semua. Perahu karet untuk evakuasi korban banjir, gergaji mesin untuk penanggulangan pohon tumbang, truk pengangkut dan lainnya, semua siap untuk digunakan.

“Apabila terjadi bencana, logistik juga insyaallah mencukupi. Terkait logistik bagi korban bencana, nanti kita bisa minta bantuan kepada perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kudus,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER