31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Kok Bisa Ya, Dana Kampanye PKB dan Gerindra Kudus Rp0?

BETANEWS.ID, KUDUS – Sebanyak 18 partai politik (Parpol) di Kabupaten Kudus dipastikan telah merampungkan proses Laporan Dana Awal Kampanye (LADK). Dua partai besar yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dana kampanyenya Rp0. Informasi LADK semua parpol di Kota Kretek bisa dilihat di laman resmi KPU Kudus kab-kudus.kpu.go.id.

Pada penyampaian LADK, penerimaan dan pengeluaran serta saldo PKB Kudus tercatat Rp0. Hal yang sama juga tertulis pada kolom LADK Partai Gerindra. Padahal, dua parpol tersebut tergolong partai besar karena masing-masing memiliki 7 dan 6 wakil di DPRD Kudus.

Selain dua partai tersebut, Partai Demokrat dan Gelora Indonesia juga tak memiliki dana kampanye. Pada kolom LADK dua partai tersebut tertera Rp0.

Baca juga: Bawaslu Demak Pastikan 17 Parpol Sudah Lakukan Perbaikan LADK

Sementara untuk partai di Kudus dengan dana kampanye terbesar yakni PDI Perjuangan. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut melaporkan dana kampanye sebesar Rp114,3 juta.

Komisioner KPU Kudus Divisi Teknis Penyelenggaraan, Ahmad Kholil, membenarkan adanya beberapa parpol di Kota Kretek yang dana kampanyenya Rp 0. Namun, ia menegaskan, terkait dana kampanye, KPU hanya berwenang menerima laporan saja.

“Terkait nominal dana kampanye Parpol bukan kewenangan kami, tetapi sudah jadi kewenangan dari Kantor Akuntan Publik (KAP). KPU hanya menerima laporan,” ujar pria yang akrab disapa Alan kepada Betanews.id melalui sambungan telepon, Senin (15/1/2024).

Menurut Alan, pihak KAP lah yang berhak mengaudit dana kampanye parpol yang dilaporkan di LADK, termasuk untuk nominal dana kampanye yang masuk dan pengeluarannya.

Baca juga: Tak Lapor Dana Kampanye, Partai Garuda Didiskualifikasi Jadi Peserta Pemilu 2024 di Demak

“KAP sendiri nanti yang menentukan dari hasil auditnya. Apakah partai tersebut patuh atau tidak,” jelasnya.

Sementara untuk LADK partai Perindo dan PPP yang sempat dikembalikan, lanjut Alan, sudah dilakukan perbaikan. Hingga batas akhir perbaikan yakni pada 12/1/2024, dua partai tersebut sudah memperbaiki LADKnya.

“PPP dan Perindo sudah melakukan perbaikan LADK. Jadi 18 parti politik di Kudus sudah melaporkan LADKnya semua,” bebernya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER