31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Kampanye Capres dan Cawapres di Kudus Jangan Sampai Langgar Ini, Bisa Ditindak di Lokasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Peserta kampanye terbuka pasangan calon presiden dan wakil presiden akan ditindak di tempat jika melanggar aturan kampanye. Aturan ini diketahui saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus melakukan sosialisasi penetapan jadwal kampanye terbuka di Hotel @Hom, Sabtu (20/1/2024).

Menurut Komisioner KPU Kudus, Muhammad Mawahib, beberapa hal yang terlarang dilakukan peserta kampanye terbuka adalah menggunakan atribut TNI/Polri dan knalpot brong. Ini merupakan imbauan langsung dari TNI dan Polri. Kampanye juga harus menjaga kenyamanan masyarakat dan pengguna jalan.

“Apabila pelaksanaan kampanye ada yang menggunakan knalpot brong dan atribut TNI maupun Polri maka akan ditindak di tempat,” tegasnya.

Baca juga: Punya Dana Kampanye Terbesar Kedua, Ketua PSI Kudus: ‘Tak Ada Sokongan dari Pusat’

Mawahib menjelaskan, pelaksanaan kampanye terbuka paslon Pemilihan Presiden (pilpres) 2024 akan dilakukan serentak selama 21 hari mulai 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Sementara kampanye parpol pengusung nanti mengikuti jadwal kampanye capres.

Selain itu, kampanye tertutup atau tatap muka tetap berjalan seperti bisa tapi tetap sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), antara lain, ada izin dan jumlah peserta tidak melebihi seribu orang.

“Jumlah peserta juga mengikuti dari kapasitas tempat yang digunakan untuk kampanye tertutup,” bebernya.

Baca juga: Kok Bisa Ya, Dana Kampanye PKB dan Gerindra Kudus Rp0?

Sesuai jadwal kampanye, paslon capres yang mendapatkan giliran kampanye terlebih dulu di Kudus adalah nomor urut 1, dan diikuti 4 parpol pengusung. Sementara hari berikutnya giliran nomor urut 2 beserta 8 parpol pengusung. Kemudian setelahnya nomor urut 3 dengan 4 parpol pengusung.

Jadwal kampanye tersebut bergulir terus sampai 10 Februari 2024 sesuai jadwal yang ditentukan. Namun, di tanggal 9 Februari yang seyogyanya jatah kampanye paslon nomor urut 2, tidak diambil.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER