31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

Diduga Korupsi, Warga Tuntut Seorang Perangkat Desa Langse, Pati Dipecat

BETANEWS.ID, PATI – Puluhan warga Desa Langse, Kecamatan Margorejo, Pati, mendatangi balai desa setempat pada Selasa (23/1/2024). Mereka menuntut agar salah satu perangkat desa berinisial H untuk dipecat, karena diduga melakukan korupsi.

Pada kesempatan itu, mereka juga meminta kejelasan terkait dugaan korupsi oleh salah satu perangkat desa. Mereka meminta pertanggungjawaban, yakni jika memang ada penggelapan harus dikembalikan.

Baca Juga: 4.402 Pengawas TPS di Pati Dilantik, Siap Awasi Pencoblosan di 406 Desa dan Kelurahan

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Langse, Amrudin menyampaikan, berdasarkan catatan Pemerintah Desa (Pemdes), perangkat desa yang sebelumnya menjabat Kaur Keuangan atau bendahara desa itu diduga melakukan korupsi sebesar Rp355 juta.

”Data kami (uang yang masih dibawa) ada Rp355 juta. Itu terdiri dari DD, PAD dan titipan infak. Tapi kalau dari sana (H), mempunyai data sendiri, silakan mengkonfirmasi ini,” ujarnya.

Uang ratusan juta itu, katanya diduga dari berbagai anggaran. Mulai dari anggaran untuk pembangunan gazebo, DP pembelian mobil ambulans desa hingga pakaian adat perangkat desa.

Selain itu ada juga dana desa (DD) sebesar Rp142 juta milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Langse dan infak donatur TPQ juga belum dikembalikan oleh H.

Sebenarnya kata Amrudin, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Sudah lebih dari dua mediasi digelar. Namun hingga saat ini, H belum mengembalikan dana ratusan juta tersebut.

Baca Juga: Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Pati Gandeng Sedulur Sikep

Hal ini membuat pihaknya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Langse sepakat memberhentikan H dari jabatannya sebagai bendahara desa. Meskipun begitu, status H saat masih menjabat perangkat desa nonjob.

”Mediasi dua kali yang terakhir Senin kemarin. Setelah itu, saya berhentikan dari bendahara, tapi masih sebagai perangkat. Sekarang nonjob,” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER