31 C
Kudus
Senin, Februari 26, 2024

4.402 Pengawas TPS di Pati Dilantik, Siap Awasi Pencoblosan di 406 Desa dan Kelurahan

BETANEWS.ID, PATI – Sebanyak 4.402 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Pati telah dilantik. Usai dilantik, mereka bakal menjalankan tugas pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) di masing-masing TPS tempat mereka bertugas.

Koordinator Divisi (Kordiv) Bidang Pencegahan, Pertisipasi Masyarakat dan Humas, Bawaslu Pati, Zaenal Abidin, mengatakan, pelantikan Pengawas TPS tersebut, dilakukan selama dua hari pada Minggu (21/1/2024) dan Senin (22/1/2024). Untuk prosesi pelantikan Pengawas TPS dilakukan di masing-masing kecamatan oleh Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam).

”Kemarin ada pengawas TPS di 6 kecamatan yang dilantik dan hari ini ada 15 kecamatan yang dilantik. Salah satunya di Kecamatan Gunungwungkal ini,” ujar Zaenal saat menghadiri pelantikan pengawas TPS di Kecamatan Gunungwungkal, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Pati Gandeng Sedulur Sikep

Menurutnya, ribuan pengawas TPS itu akan mengawasi pemungutan suara berlangsung pada Pemilu 14 Februari mendatang di tiap-tiap TPS yang tersebar di 21 kecamatan atau di 406 desa dan kelurahan yang ada di Pati.

Empat ribuan pengawas TPS ini, nantinya juga bakal dibekali oleh setiap Panwascam agar dapat menjalankan fungsi pengawasan dengan maksimal. Makanya, Ia berharap, ribuan pengawas ini lebih pintar dari peserta maupun penyelenggara Pemilu 2024.

Sementara itu, Ketua Panwascam Gunungwungkal, Saryoto, mengatakan, Pengawas TPS di wilayahnya berjumlah 146 orang. Mereka bakal bekerja di 15 desa di Kecamatan Gunungwungkal.

”Kami berharap mereka menjalankan tugas pengawasan dengan baik seadil-adilnya, sejujur-jujurnya. Sehingga Pemilu berlangsung bebas, jujur dan rahasia,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER