31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Berencana Investasi di Kudus, Perusahaan Tas Asal Korea Minati Sewa Tanah Kas Desa

BETANEWS.ID, KUDUS – Perusahaan tas asal Korea Selatan (Korsel) dikabarkan meminati sewa lahan milik Pemerintah Desa guna mendirikan pabrik di Kabupaten Kudus pada tahun ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kudus, Harso Widodo, mengatakan, perusahaan tersebut mencari lahan 10 hektare. Pihaknya juga sudah menyodorkan beberapa lahan untuk ditempati dan pihak perusahaan juga sudah melakukan survei.

“Berbagai alternatif kita sodorkan berkaitan lahan untuk investasi pabrik tas. Dari pihak investor ada satu pandangan, yaitu ingin menyewa lahan di tanah-tanah kas desa yang mungkin berpotensi dikembangkan untuk industri,” ujar Harso saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Baca juga: Pabrik Tas Asal Korsel di Kudus Diperkirakan Serap 9 Ribu Tenaga Kerja

Menurut Harso, manakala yang diinginkan investor adalah tanah-tanah kas desa, tentu hal itu jadi pekerjaan rumah (PR) bagi Pemkab Kudus. Pasalnya, pemanfaatan aset desa sudah diatur Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2016.

“Begitu juga terkait regulasi, kami juga akan terhambat dengan masa atau lama sewa lahan manakala itu milik pemerintah desa. Artinya, jangka waktu pelaksanaan tidak bisa serta merta hak guna bangun serah atau hak guna serah bangun,” bebernya.

Tentunya, lanjut Harso, perlu penyikapan dan kajian yang matang terkait investasi yang menyasar tanah kas desa. Jangan sampai investasi yang membutuhkan jaminan keberlangsungan antara 20 hingga 50 tahun, terdampak dinamika politik yang ada di desa.

“Karena jabatan kepala desa terbatas dengan jangka waktu tertentu,” ungkapnya.

Baca juga: Pabrik Tas Asal Korea Akan Berinvestasi di Kudus, Butuh Lahan 10 Hektare

Pihaknya juga membeberkan kepada calon investor keuntungan dan kerugian apabila yang digunakan adalah tanah kas desa. Salah satu yang perlu dipertimbangkan calon investor adalah masa jabatan kepala desa.

“Jangan sampai pergantian kepala desa nantinya berdampak pada investasi yang ada,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER