31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Bawaslu Pati Buka Pendaftaran Pengawas TPS Pemilu 2024

BETANEWS.ID, PATI – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Pati, membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 mulai 2 hingga 6 Januari 2024. Ketua Bawaslu Pati, Supriyanto, mengatakan, pendaftaran Pengawas TPS dilakukan secara serentak oleh seluruh jajaran Bawaslu di Indonesia.

“Jadi, yang kita butuhkan untuk rekrutmen Pengawas TPS ini, sesuai dengan jumlah TPS di semua wilayah yang ada di Kabupaten Pati. Jadi, setiap TPS nantinya ada satu petugas Pengawas TPS,” ujar Supri, Selasa (2/1/2024).

Sedangkan untuk persyaratan dan ketentuan pendaftaran sebagai Pengawas TPS, katanya, sudah disampaikan oleh masing-masing Panwascam. Baik terkait dengan syarat usia, pendidikan maupun hal lainnya.

Baca juga: Disdukcapil Sulit Jangkau Perekaman E-KTP Pemilih Pemula di Luar Pati

Untuk itu, ia berharap masyarakat mau berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2024, dengan bergabung bersama jajaran Bawaslu, yakni sebagai Pengawas TPS.

“Tugas Pengawas TPS adalah memastikan pelaksanaan pemungutan suara di TPS berjalan kondusif dan sesuai aturan. Dan tugas akhir dari Pengawas TPS ini, nantinya menyampaikan hasil akhir pemungutan dan penghitungan suara ke PPK melalui PPS,” ungkapnya.

Kalau saja nantinya terjadi hal-hal lain yang perlu dimintai keterangan, maka Pengawas TPS ini merupakan bagian dari Bawaslu, yakni sebagai pemberi keterangan terkait sengketa hasil saat di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Soal Jumlah TPS Rawan Banjir, Komisioner KPU Pati: ‘Kami Belum Temukan Angka Pasti’

Supri mengatakan, Pengawas TPS ini merupakan perpanjangan tangan atau ujung tombak dari Bawaslu dalam hal pengawasan proses pemungutan dan penghitungan suara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara. Kemudian setelah penyelenggaraan Pemilu selesai, Pengawas TPS dibubarkan paling lambat 7 hari setelah pemungutan suara.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER