31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

9 Ribu Pemilih Pemula di Pati Terancam Tak Bisa Mencoblos

BETANEWS.ID, PATI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten mencatat, 9.246 pemilih pemula pada Pemilu 2024 belum melakukan perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Jika nantinya mereka pada saat pencoblosan pada 14 Februari 2024 belum melakukan perekaman data e-KTP, makan pemilih pemula ini tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Ketua KPU Pati Supriyanto Akui Tak Beragama, Jadi Satu-satunya di Indonesia

Sutikno Edi, Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati mengatakan, bahwa upaya untuk perekaman e-KTP bagi pemilih pemula terus dilakukan. Bahkan pihaknya menyebut melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman di sekolah-sekolah.

“Sebenarnya saat ini sudah turun banyak. Kalau kemarin pas rekaman di SMKN 2, sekitar Oktober lalu masih sekitar 11 ribu, kini tinggal 7 ribuan,” ujar Edi, Kamis (28/12/2023).

Dari 7 ribuan pemilih pemula yang belum melakukan rekaman e-KTP itu, katanya mereka yang tercatat dengan Daftar Pokok Pendidikan (Dapodik) yang berada di Pati atau yang bersekolah di Pati.

Sedangkan yang tercatat dengan Dapodik luar Pati, sebanyak 1.275 jiwa. Mereka katanya tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Terkait perekaman e-KTP tersebut, pihaknya menyebut sudah melakukan koordinasi dengan KPU Pati. Selain itu, pihaknya juga melakukan komunikasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 3 Jateng.

Baca Juga: Profesi Petani Mulai Banyak Ditinggalkan, Pemuda Pati Malah Lirik Sektor Ini

“Karena SMA dan SMK ini sekarang ranahnya provinsi, maka kami berkoordinasi dengan pihak Cabang Dinas Pendidikan. Harapannya, mereka bisa memobilisasi agar siswa melakukan perekaman KTP,” ungkapnya.

Perekaman KTP tidak hanya ketika Disdukcapil melakukan jemput bola ke sekolah, tetapi juga bisa dilakukan di Kantor Disdukcapil Pati. Bukan hanya itu, perekaman KTP juga bisa dilakukan di kantor kecamatan masing-masing.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER