31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

13 Kali Maling Kotak Amal, Apes Setelah Aksinya Viral di Medsos

BETANEWS.ID, PATI – Polisi berhasil membekuk seorang maling spesialis kotak amal masjid dan musala. Perburuan polisi ini setelah aksi seorang pria yang mencuri uang dari kotak amal videonya viral di media sosial.

Pelaku yang diketahui berinsial SU (42), warga Desa Glonggong, Kecamatan Jakenan, Pati tersebut, saat melakukan aksinya di Masjid Desa Sambirejo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati terekam CCTV.

Baca Juga: Pemkab Tambah Mobil Damkar, Pj Bupati Pati: ‘Ukurannya Kecil, Biar Mudah Masuk Perkampungan’

-Advertisement-

Kemudian, berbagai platform media sosial ramai dengan video aksi pencurian itu. Dalam rekaman CCTV, pelaku melakukan aksinya pada pukul 13.30 WIB, Minggu (10/12/2023).

Usai memarkirkan kendaraannya di halaman masjid, pelaku kemudian tampak mencari kotak amal. Ia kemudian membongkar kotak amal tersebut dan menggasak uang yang ada di dalamnya.

Ternyata, Ciri-ciri pelaku sama dengan pencuri kotak amal di Masjid Bani Solichin Desa Kajar, Kecamatan Trangkil, Pati yang telah dilaporkan ke Polsek Wedarijaksa.

Polisi kemudian melakukan analisa dan pengembangan terhadap kasus tersebut. Setelah mendapatkan informasi yang cukup kemudian melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Dari hasil pengembangan yang kita lakukan, ciri-ciri pelaku bekerja di wilayah Juwana. Kemudian kami berkoordinasi dengan Resmob Polresta Pati yang kemudian menangkap pelaku,” ujar Iptu Suntoro, Kapolsek Wedarijaksa, Sabtu (16/12/2023).

Setelah pelaku ditangkap, pihaknya juga mendapatkan fakta bahwa pelaku sudah melakukan aksi pencurian kotak amal sebanyak 13 kali di tempat yang berbeda.

Kapolsek menyebut, berdasarkan keterangan dari pelaku, diketahui SU melakukan aksinya mencongkel kotal amal dengan alat obeng dan tang.

Baca Juga: Didatangi Polisi, Puluhan Pelajar yang Diduga Hendak Tawuran di Kayen Pati Lari Kocar-kacir 

“Pelaku mengaku sudah beraksi di berbagai wilayah. Di antaranya di Gabus, Tlogowungu, Juwana, Wedarijaksa dan Pati Kota,” ungkapnya.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 ayat 1 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Atas hal tersebut, pelaku terancam hukuman 5 tahun penjara.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER