31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Sebagian Lahan Dikelola Ormas Jadi Faktor PAD Parkir Jalan Umum Kudus Tak Capai Target

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari parkir Jalan Umum Kabupaten Kudus Tahun 2023 diperkirakan tak mampu mencapai target. Hal itu dikarenakan ada beberapa lahan parkir yang dikelola oleh organisasi masyarakat (Ormas).

Kepala UPTD Perparkiran dan Terminal, Dinas Perhubungan Kudus, Edy Supriyanto, mengatakan, ada tiga titik lahan parkir yang kini dikelola oleh Ormas yaituPasar Bitingan, Jalan Loekmono Hadi, dan Jalan Mayor Basuno.

Edy mengungkapkan, pengelolaan lahan parkir oleh Ormas itu sejak Maret 2023. Bahkan, sempat terjadi sengketa yang mengakibatkan pada Februari tak ada retribusi yang masuk dari lahan parkir tersebut.

-Advertisement-

Baca juga: PAD Parkir Jalan Umum Kudus Tahun 2023 Diperkirakan Tak Capai Target

“Namun pada Maret sudah mulai masuk lagi retribusinya. Lahan parkir yang dikelola oleh ormas tetap menyetor retribusi kepada Dishub, tapi secara nominal ada penurunan,” beber Edy saat ditemui di ruangannya, belum lama ini.

Menurutnya, ketika masih dikelola oleh lahan parkir tersebut bisa menghasilkan retribusi kurang lebih Rp600 ribu per hari. Sementara saat ini pendapatannya kurang lebih Rp300 ribu per hari.

“Jadi memang mengalami penurunan. Sementara target PAD Parkir Jalan Umum Kabupaten Kudus di tahun 2023 dinaikan jadi Rp1,3 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp1 miliar,” ungkapnya.

Dia mengatakan, tahun lalu target PAD Parkir Jalan Umum juga tak mencapai target. Dari target Rp1 miliar tercapai 78,88 persennya saja atau setara Rp839 juta.

“Meski begitu, PAD parkir jalan umum di tahun 2023 naik sebesar Rp300 juta menjadi Rp1,3 miliar. Dan, sampai pertengahan November ini realisasinya baru sekitar 52 persen atau kurang lebih Rp711 juta,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Kudus Berlakukan Pembayaran Parkir Nontunai di Lima Lokasi

Sehingga, kata dia, target PAD Parkir Jalan Umum Kabupaten Kudus sampai akhir 2023 kemungkinan tak mencapi target karena diperkirakan capaiannya hanya 60 persen.

“Ini juga masih ada kendala yakni pembangunan gorong-gorong di Jalan Sunan Kudus yang mengakibatkan penutupan jalan. Sehingga otomatis tak ada pemasukan retribusi dari sana, padahal parkir Jalan Sunan Kudus merupakan salah satu yang potensial,” ungkapnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER