31 C
Kudus
Sabtu, Juni 22, 2024

Pemkab Kudus Berlakukan Pembayaran Parkir Nontunai di Lima Lokasi

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus mulai menerapkan pembayaran parkir nontunai di lima lokasi, Kamis (26/10/2023). Pembayaran parkir ini dengan cara memindai barcode yang dibawa juru parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kudus, Catur Sulistiyanto, menjelaskan, Sistem Informasi Pembayaran (SIP) Perpakiran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) punya tujuan mengurangi potensi kebocoran. Program ini akan dievaluasi setelah satu minggu berjalan, dan diharapkan akan memudahkan pengguna parkir.

“Kami berencana untuk mengevaluasi program ini setelah satu minggu berjalan, dan harapannya adalah ini bisa mengurangi potensi kebocoran” ujarnya saat peluncuran SIP Parkir di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kudus.

-Advertisement-

Baca juga: Realisasi Investasi Terlaporkan Tak Pernah Capai Target, DPMPTSP Kudus Akan Lakukan Ini

Pada tahap awal, program ini akan diuji coba di lima lokasi, yaitu depan Toko CMC (Jalan Veteran), depan Masjid Agung Kudus (Jalan Simpang Tujuh), depan Toko Surya (Jalan Ahmad Yani), depan Batik Sabrina (Jalan Sunan Kudus), dan depan BRI KCP Menara Kudus (Jalan Sunan Kudus). Tarif parkirnya Rp2 ribu untuk mobil dan Rp1 ribu untuk sepeda motor.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus, Revlisianto Subekti, menekankan pentingnya melayani pengguna layanan parkir dengan ramah. Mengingat, juru parkir adalah wajah Kabupaten Kudus, terutama saat menerima pengunjung dari luar kota.

“Kami memastikan bahwa pelayanan ramah dan prinsip akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan menjadi landasan utama kami,” ujarnya.

Revlisianto juga meminta dukungan dan pendampingan dari Dinas Perhubungan dalam menerapkan program ini, terutama terkait penerapan transaksi nontunai menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran.

“Kami meminta dukungan dan pendampingan penuh dari Dinas Perhubungan dalam pelaksanaan program transaksi nontunai ini,” bebernya.

Baca juga: Baru Pertengahan Tahun, Realisasi Pajak Parkir dan Hiburan Kudus Lampaui Target

Sementara itu, salah satu warga, Fariza Zumala Laili, sangat mendukung program pembayaran parkir nontunai. Menurutnya, program tersebut sangat membantu dan cukup simpel.

“Soalnya zaman sekarang itu orang sudah jarang yang bawa uang tunai. Jadi sangat membantu, untuk Indonsia maju. Serta semangat untuk para juru parkir,” ujarnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER