31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Siswa TK Cahaya Nur Belajar ke BPBD Kudus, Coba Naik Perahu Hingga Padamkan Api

Kegiatan unik diselenggarakan Taman Kanak-kanak (TK) Cahaya Nur Kudus saat melaksanakan program outing class, Rabu (04/10/2023). Jika sekolah-sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) lain memilih tempat museum, wista petik buah, dan lokasi bertema hiburan untuk pembelajaran di luar kelas, TK yang beralamat di Desa Barongan, Kecamatan Kota, ini memilih ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus.

Para siswa TK Cahaya Nur berangkat ke BPBD Kudus di di Jalan PG Rendeng, Kelurahan Mlati Norowito, Kecamatan Kota, bersama para guru dengan menaiki mobil. Sesampainya di lokasi, para siswa disambut para petugas BPBD di aula. Mereka dipersilakan duduk, dan diberi penjelasan tentang apa itu BPBD, dan ditunjukkan video tentang mitigasi kebencanaan.

Kegiatan belajar tentang penanggulangan bencana di BPBD merupakan salah satu dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ada pada kurikulum merdeka

Eko Setyowati | Wakil Kepala dan Bidang Kurikulum TK Cahaya Nur

Adik-adik kecil yang masih berusia dini ini tampak antusias saat mendapat penjelasan dan menyaksikan video. Dalam video tersebut, diperlihatkan cara penyelamatan diri saat terjadi bencana gempa, banjir, dan kebakaran. Saat sesi tanya jawab, mereka aktif bertanya dan maju ke depan. Mereka yang maju kemudian mendapat hadiah buku saku kebencanaan. Oleh petugas BPBD, para siswa juga diajak bernyanyi sambil melakukan simulasi penyelamatan diri saat ada gempa.

Baca juga: Siswa RA NU Banat Kudus Praktik Jual Beli di Kegiatan Market Day

Setelah menyaksikan video dan melakukan simulasi penyelamatan diri di aula, siswa-siswi TK Cahaya Nur kemudian diajak untuk melihat beberapa gudang yang dimiliki BPBD Kudus. Agar bisa tertib, mereka berjalan berurutan sambil memegang pundak teman di depannya untuk menuju ke gudang. Beberapa gudang milik BPBD yang dikunjungi, antara lain gudang peralatan, gudang logistik pangan dan gudang logistik nonpangan.

Di sana mereka diperkenalkan alat-alat yang biasanya digunakan petugas BPBD dan para relawan saat evakuasi korban bencana. Beberapa peralatan yang ditunjukkan di antaranya ada tandu, jaket pelampung hingga gergaji mesin. Sedangkan di gudang pangan dan non pangan, mereka ditunjukan teh, beras, gula, peralatan makan, perlengkapan sekolah dan perabotan rumah tangga lainnya.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER