31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Melihat Keseruan Membatik Massal di SD Muhammadiyah Pati

BETANEWS.ID, PATI – Ratusan siswa SD Muhammadiyah Pati memadati teras hingga pelataran sekolah. Mereka tampak membentuk kelompok dengan sebuah kain putih di hadapannya.

Kain putih yang sudah memiliki pola logo gambar sekolah itu, kemudian secara perlahan dibatik oleh peserta didik. Dengan arahan pembatik profesional dan guru pendamping, satu per satu siswa memulai tahapan-tahapan membatik.

Baca Juga: Komunitas Batik Pati Peringati Hari Batik dengan Salurkan Air Bersih

Tangan-tangan mungil itu terlihat sibuk memegang canting untuk membatik kain berukuran setengah meter tersebut. Mereka tampak antusias untuk mengikuti kegiatan yang diadakan pihak sekolah dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

Kepala SD Muhammadiyah Pati, Ahmad Sunarto mengatakan, agenda membatik sengaja dipersiapkan pihak sekolah. Dirinya berharap tidak hanya memeriahkan momen nasional, kegiatan membatik bersama diharapkan dapat memperkenalkan proses membatik sejak dini kepada para siswa.

“Apalagi dalam menerapkan pembelajaran pancasila atau P5 kami juga memilih batik untuk sarana pembelajaran,” ujarnya, Senin (2/10/2023).

Agenda membatik SD Muhammadiyah tersebut, katanya melibatkan 480 siswa. Didampingi para guru, mereka dibagi menjadi 110 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri empat siswa.

Sunarto menyebut, setiap kelompok diminta untuk menyelesaikan satu taplak meja sebagai karya membatik. Nanti taplak meja yang dibuat para siswa akan digunakan keperluan sekolah. Dari mempercantik meja guru maupun digunakan untuk acara lainnya.

“Sebelumnya kami berpikir untuk membuat kacu atau sapu tangan. Tetapi takutnya justru tidak digunakan bahkan banyak di buang. Jadi kami pilih taplak meja,” ungkapnya.

Melalui kegiatan membatik massal ini, ia berharap warga sekolah bisa senang mengikuti kegiatan tersebut. Nantinya, peserta didik juga diharapkan mau melestarikan budaya batik ini.

Baca Juga: Harga Gabah Kering Pati Capai Rekor Tertinggi, Rp7.500 per Kilogram

Sementara itu, Khanza Husna Zafira tidak dapat menyembunyikan rona kebahagiaan. Meski merasa kesulitan, siswa kelas enam itu mengaku senang mengikuti membatik bersama bersama teman-temannya.

“Baru pertama kali ikut tetapi senang. Nanti pengen mencoba lagi di rumah,” kata Husna.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER