31 C
Kudus
Minggu, April 14, 2024

Warga Tolak Tempat Relokasi Korban Rob, Bupati Demak: ‘Tidak Perlu Menang-Menangan’

BETANEWS.ID, DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah buka suara mengenai penolakan warga pada pembangunan rumah susun untuk warga terdampak rob di eks Kantor Kecamatan Sayung di Desa Purwosari.

Ia mengatakan, rencana tersebut merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk penanganan korban terdampak rob. Pemerintah Kabupaten (pemkab) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Demak hanya mencoba mencarikan tempat yang dinilai sesuai.

“Karena ini kesempatan yang belum tentu terulang kembali. Tentunya kami harapkan pengertian masyarakat, yang mau masuk nggih monggo,” katanya saat ditemui di Pendapa Demak, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Warga Purwosari Demak Tolak Pembangunan Rumah Susun untuk Warga Terdampak Rob

Maka dari itu, pihaknya akan berupaya mencarikan solusi terbaik mengenai tempat yang nantinya digunakan untuk pembangunan rusun.

“Nanti kita carikan solusi terbaik untuk semuanya. Tidak ada yang perlu menang-menangan, tidak saling menolak. Tetapi kita memberikan yang terbaik untuk semuanya dalam menanggapi rob ini,” tegasnya.

Pihaknya mengaku akan memberikan kebebasan kepada masyarakat dalam memberikan solusi penanganan permukiman korban terdampak rob.

“Kami dari pemerintah Demak akan selalu melakukan sosialisasi dan mengajak. Monggo yang mau direlokasi dan tetap, kita akan mencarikan solusi terbaik,” imbuhnya.

Baca juga: 32 Kabupaten di Jateng Alami Kekeringan, Blora dan Demak Paling Parah

Ia menyebut beberapa wilayah terdampak rob yang berhasil ditangani, di antaranya Dukuh Mondoliko, Desa Bedono yang direlokasi ke Desa Dombo. Masyarakat diberikan bantuan material pembangunan senilai Rp50 juta.

Alhamdulillah masyarakat bisa hidup layak dan bisa meneruskan kehidupan dengan baik. Nah ini tentunya kita minta kesadaran maunya apa, kita tawarkan,” paparnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
135,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER