31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Di Pembelajaran Inkuiri, Guru Hanya Jadi Fasilitator Bagi Para Siswa

Sejumlah sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kudus telah mulai menerapkan pembelajaran berbasis budaya inkuiri. Dalam penerapannya, metode pembelajaran yang telah sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar ini, guru tidak lagi menjadi sosok sentral. Guru menjadi fasilitator bagi anak didik, dalam mengeksplorasi objek pembelajaran.

Ditemui saat memberikan pelatihan inkuiri di Pusat Belajar Guru (PBG) Kudus, beberapa waktu lalu, Program Associate Bhakti Pendidikan Djarum Foundation, Vika Andina menjelaskan, inkuiri dalam pengertian sederhana bisa diartikan bermain sambil belajar. Pembelajaran berbasis inkuiri sangat cocok untuk anak usia dini, karena diselenggarakan seperti bermain.

Mengajarkan anak-anak belajar calistung di waktu yang belum tepat, bisa menjadi bom waktu untuk mereka nantinya. Daripada anak diajarkan menghafal dan menghafal, lebih anak diajarkan memahami konsep

Vika Andina | Program Associate Bhakti Pendidikan Djarum Foundation

“Jadi mereka (anak didik) tidak merasa sedang belajar seperti di sekolah kebanyakan. Guru hanya menjadi fasilitator bagi para siswa, dan siswa bebas mengeksplorasi objek pembelajaran,” tutur Vika kepada Betanews.id, di PBG, di Jalan Mlati Norowito Gang 6, Kelurahan Mlati Norowito, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Guru PAUD di Kudus Dilatih Computational Thinking dengan Robotik

Vika yang juga menjadi mentor dalam pelatihan inkuiri yang diikuti guru-guru PAUD di Kudus, ini menjelaskan, dalam sistem pembelajaran berbasis inkuiri ini, penerapannya bisa menggunakan metode ABCDE. A adalah amati, B bertanya, C cari, D diskusi dan E evaluasi. Ini adalah urutan dalam penerapan metode pembelajaran inkuiri.

“Dengan metode ini, para siswa yang masih dalam usia dini, diharapkan mampu berpikir aktif, kreatif, percaya diri, bertanggung jawab, dan kelak akan menjadi sosok yang mandiri. Guru hanya memberi pertanyaan pemantik, peserta didik akan melakukan kegiatan dari lima hal tersebut” tuturnya.

Anita Purnama
Anita Purnama
Jurnalis Beta Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER