31 C
Kudus
Sabtu, September 23, 2023

Antisipasi Kekeringan, Bupati Demak Sarankan Desa Miliki Embung

BETANEWS.ID, DEMAK – Kekeringan melanda sekitar 58 desa di 13 kecamatan di Kabupaten Demak sejak bulan Juni hingga Agustus. Karenanya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak meminta kepada setiap desa untuk membuat embung.

Bupati Demak, Eisti’anah mengatakan, bantuan air bersih telah diberikan pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Meskipun begitu, pihaknya mengusulkan agar tiap desa memiliki embung sebagai pencegahan kekeringan jelang musim kemarau.

Baca Juga: 115 Warga Dapat Bantuan Bedah Rumah Sebesar Rp15 Juta dari Pemkab Demak

“Sebenarnya kita support mengusulkan warga memiliki embung, tetapi ketika tidak ada kita dropping air bersih melalui BPBD,” katanya kepada awak media di lantai tiga Mall Pelayanan Publik (MPP) Demak.

Tidak hanya itu, Esti’anah juga menyarankan masyarakat agar menggunakan air dari Perusahaan Air Dalam Minum (PDAM), untuk mencegah amblasnya penggunaan air tanah secara masif.

Baca Juga: Pemkab Demak Kukuhkan Anggota Paskibraka

Selain kebutuhan rumah tangga, kekeringan juga melanda sejumlah pertanian. Menurutnya dengan menerapkan pola sistem palawija saat kemarau.

“Sebenarnya kita sudah sosialisasikan untuk menetapkan pola itu kepada mamasyarakat, sehingga tidak berebut dengan air PDAM, ” pungkasnya.

Editor: Haikal Rosyada

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,308PengikutMengikuti
118,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER