31 C
Kudus
Rabu, Juni 19, 2024

Tahap Perbaikan Usai, 102 Bacaleg Jepara Kandas

BETANEWS.ID, JEPARA – Berdasarkan hasil pengajuan perbaikan dokumen persyaratan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Jepara yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara terdapat 102 Bacaleg yang tidak melanjutkan proses pendaftaran pada pemilu DPRD Kabupaten 2024 mendatang.

Pada tahap sebelumnya saat pengajuan terdapat 687 Bacaleg dari 18 parpol yang mendaftar. Namun sampai dengan masa pengajuan dokumen perbaikan pada tanggal 9 Juli hanya 17 parpol, dimana satu partai yaitu Partai Garuda tidak mengajukan dokumen perbaikan.

Baca Juga: APBD Jepara 2022 Defisit Rp 102 M, Pj Bupati: Hal yang Biasalah di Pemerintahan

-Advertisement-

Adapun partai politik yang jumlah bacalegnya berkurang yaitu Partai Garuda dari yang tadinya mengajukan 31 Bacaleg menjadi tidak mengajukan, Partai Gelora yang tadinya mengajukan 26 Bacaleg menjadi 16, Partai Hanura yang tadinya 27 Bacaleg menjadi 19, Partai Ummat yang tadinya 29 menjadi 24, dan partai PBB yang tadinya mengajukan 50 menjadi 2.

Sementara partai lainnya seperti PKB, Gerindra, PDI-P, Nasdem, PKS, Demokrat, Perindo, PPP tetap mengajukan 50 Bacaleg. Golkar dengan 35 Bacaleg, Partai Buruh dengan 22 Bacaleg, PKN 13 Bacaleg, PAN 40 Bacaleg, dan PSI 14 Bacaleg.

Siti Nur Wakhidatun, Divisi Teknis Penyelenggaran KPU Kabupaten Jepara menjelaskan bahwa berkurangnya jumlah tersebut karena bacaleg tidak mengajukan dokumen perbaikan persyaratan Bacaleg.

“Kebanyakan memang karena tidak memenuhi dokumen persyaratan, untuk alasan lebih detailnya itu kewenangan dari partai politik yang bersangkutan,” katanya pada Betanews.id, Selasa (11/7/2023).

Sementara terkait dengan status dari para bacaleg yang mengundurkan diri menurutnya tidak harus menyertakan surat pengunduran diri. Namun hal tersebut juga menjadi kewenangan dari partai politik yang bersangkutan.

Baca Juga: Angkutan Darat di Jepara Diminta Terus Berbenah

“Di silonnya belum bisa dicheck karena masih dikunci, nanti pada saat vermin perbaikan baru bisa diliat apakah membuat surat pengunduran diri atau tidak, tetapi itu juga tergantung kebijakan internal dari parpol, bisa saja mengundurkan diri atau dihapus oleh parpol,” jelasnya.

Dalam Peraturan KPU Nomor 10 tahun 2023 dalam pasal 51 disebutkan bahwa pada masa pengajuan perbaikan dokumen persyaratan Bacaleg, parpol memiliki kewenangan untuk mengganti maupun merubah Bacaleg yang diajukan.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
139,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER