31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Gibran Akan Bangun Kawasan Pedestrian yang Hubungkan 3 Titik Strategis

BETANEWS.ID, SOLO – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka berencana menyiapkan akses bagi pejalan kaki atau pedestrian di sejumlah lokasi. Jalur tersebut rencananya akan didesain untuk menghubungkan Stasiun Balapan, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan Pura Mangkunegaran.

Seiring dengan perkembangan beberapa lokasi tersebut, Gibran melihat Masjid Raya Sheikh Zayed dan Mangkunegaran selalu ramai dikunjungi banyak orang.

Baca Juga: Warga berbondong-bondong Melihat Pemotongan Hewan Kurban Milik Presiden Jokowi

“Semuanya harus terintegrasi ke depannya, apalagi sekarang kan KRL rame banget yang sekarang sampai Palur juga rame banget,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (4/7/2023).

Gibran menjelaskan dari Termninal Tirtonadi namtinya orang-orang dapat berjalan menggunakan koridor, begitu pula dari Stasiun Solo Balapan menuju Pura Mangkunegaran.

Selain itu, sejumlah perbaikan juga akan dilakukan di jembatan layang atau sky bridge yang menghubungkan antara Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan. Sebab, hingga sekarang tidak banyak orang yang melalui jalur tersebut.

“Realisasi konektivitas Stasiun Balapan-Masjid Raya Sheikh Zayed-Pura Mangkunegaran nanti bertahap,” katanya.

Kendati demikian, pembangunan koridor tersebur belum bisa direasliasasikan tahun ini. Sementara ini, ia ingin berfokus pada beberapa proyek, seperti perbaikan viaduk di Jalan Ahmad Yani.

“Tahun ini kan begitu hibahnya cair kan yang kita tangani dulu yang Jalan Ahmad Yani, lha itu nanti dari Balapan itu bisa jalan kaki ke Masjid (Sheikh Zayed), bisa jalan kaki ke Mangkunegaran. Nanti ya, alon alon,” katanya.

Gibran menyebut, pembuatan koridor terintegrasi antara Stasiun Balapan-Masjid Raya Sheikh Zayed-Pura Mangkunegaran akan menggunakan anggaran APBD Kota Solo.

Sementara itu, Kepala Daop 6 Bambang Respationo mengatakan pihaknya menyambut baik rencana penataan kawasan terintegrasi Solo Balapan, Mangkunegaran hingga Masjid Raya Sheikh Zayed.

“Tadi Pak Wali memaparkan nanti ada perencanaan penataan Stasiun Solo Balapan yang akan melibatkan integrasi dengan berbagai moda transportasi lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Viaduk Gilingan Dibuka 8 Juli, Gibran: ‘Molor Lama’

Bambang juga menyebut, salah satu poin penting dalam rencana proyek ini adalah askses Sky Bridge dari Stasiun Solo Balapan menuju ke Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

“Salah satu poin penting dalam rencana ini adalah akses sky bridge dari stasiun Solo Balapan menuju Masjid Sheikh Zayed. Nanti akan kami pelajari lebih lanjut. Tapi integrasi ini penting, kami tentu mendukung penuh,” lanjutnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER