31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

630 Perewang Siap Masak Sego Jangkrik Buka Luwur Sunan Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Ratusan perewang untuk memasak sego jangkrik (nasi jangkrik) maupun sego uyah (nasi uyah) dalam rangkaian acara buka luwur Sunan Kudus tahun ini.

Terlihat sejumlah perewang memakai seragam warna biru sedang melakukan aktivitasnya masing-masing. Sebagian ada yang menunggu nasi matang dan ada juga yang menunggu daging masak. Aktivitas memasak itu adalah persiapan untuk membuat nasi bungkus yang didistribusikan kepada masyarakat umum besok.

Baca Juga: Pembuatan Luwur Baru Makam Sunan Kudus Butuh Kain 1.500 Meter dan Libatkan 35 Orang

-Advertisement-

Humas panitia Buka Luwur Sunan Kudus, Muhammad Kharis mengatakan, tahun ini dalam rangkaian acara buka luwur Sayyid Ja’far Shadiq, pihaknya melibatkan sebanyak 630 perewang, untuk memasak 9,1 ton beras.

“Jadi untuk perewang ini ada yang dari Kecamatan Kaliwungu, dan sebagian besar dari warga sekitaran Menara Kudus. Totalnya ada 630 perewang untuk bagian dapur,” katanya saat ditemui di lokasi dapur yang biasa dibuat parkiran motor Menara Kudus, Kamis (27/7/2023).

Ia menjelaskan, ada sebanyak 20 dandang untuk memasak nasi jangkrik tersebut. Total tersebut bertambah dua dandang jika dibandingkan dengan penyediaan tahun lalu. Menurutnya, tahun ini jumlah hewan yang diterima pihak Menara Kudus pun ada peningkatan.

“Untuk kerbaunya tahun ini ada 17 ekor, meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 14 ekor. Sedangkan untuk jumlah kambing tahun ini ada 69 ekor,” rincinya.

Baca Juga: Melihat Persiapan Peralatan Masak Nasi Jangkrik untuk Buka Luwur Sunan Kudus

Rencananya, lanjut Kharis, pihaknya tahun ini menyediakan sebanyak 34.000 bungkus nasi untuk dibagikan kepada pemangku belik di sembilan Kecamatan, kemudian nasi sedekah untuk donatur, dan masyarakat umum.

“Jadwal pembagian nasi bungkus, rencananya untuk yang memakai kartu mulai jam 3-9 pagi. Sedangkan untuk pembagian nasi bungkus kepada masyarakat umum mulai pukul 5.00 WIB hingga selesai,” tuturnya.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER