31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Pembuatan Luwur Baru Makam Sunan Kudus Butuh Kain 1.500 Meter dan Libatkan 35 Orang

BETANEWS.ID, KUDUS – Belasan pria mengenakan kemeja putih dan berikat kepala batik tampak sibuk di Pendapa Tajug Menara Kudus. Ada yang membentuk kain putih menjadi mirip rangkaian bunga melati, serta ada juga yang menjahit kain putih agar jadi bermotif wiru. Itu adalah proses pembuatan luwur penutup makam Sunan Kudus.

Humas Panitia Buka luwur Sunan Kudus, Muhammad Kharis mengatakan, pembuatan luwur baru untuk makam Kanjeng Sunan Kudus akan berlangsung selama empat hari dimulai pada Senin (24/7/2023) sampai Kamis (27/7/2023). Para pembuat luwur baru Makam Sunan Kudus harus dalam keadaan suci.

Baca Juga: Patiayam, Rekaman Sejarah Perubahan Tiga Lingkungan Jutaan Tahun Lalu

-Advertisement-

“Untuk persyaratan khusus tidak ada. Tapi, memang perewang yang membuat luwur Makam Sunan Kudus itu harus dalam keadaaan suci, jadi harus wudlu dulu,” ujar pria yang akrab disapa Kharis kepada Betanews.id, Senin (24/7/2023).

Kharis mengungkapkan, kain yang dibutuhkan membuat luwur baru penutup Makam Sunan Kudus sama dengan tahun sebelumnya, yakni 1.500 meter. Yang merupakan sodakoh dari masyarakat

“Sementara pembuatan melibatkan 35 orang. Sebanyak 35 orang itu terdiri dari 32 perewang serta yang dua lainnya adalah panitia Buka Luwur Makam Sunan Kudus 1445 Hijriyah,” bebernya.

Untuk regenerasi, lanjutnya, pembuatan luwur baru Makam Sunan Kudus di tahun ini melibatkan orang-orang baru atau anak muda. Sehingga sebelum pembuatan luwur dimulai, ada pelatihan terlebih dulu.

“Istilahnya untuk transfer ilmu ketrampilan dari generasi tua ke generasi muda. Total generasi muda yang ikut pembuatan luwur baru Makam Sunan Kudus sekitar 30 persen dari jumlah perewang,” rincinya.

Baca Juga: Hampir Purna, Hartopo Tak Bisa Berbuat Banyak Tangani Perbaikan Infrastuktur

Dalam pembuatan luwur penutup makam Sunan Kudus, kain putih dibuat dengan berbagai motif. Para perewang berbagi tugas ada yang membuat motif wiru, motif melati, kompol, langitan dan motif ranjang yang ada di dalam makam.

Pembuatan luwur merupakan bagian dari prosesi Buka Luwur Makam Sunan Kudus. Luwur baru itu akan dipasangkan di Makam Sunan Kudus menggantikan luwur lama yang dilepas pada Hari Rabu Legi (19/7/2023) atau tanggal 1 Muharram.

Editor: Haikal Rosyada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER