31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Dinilai Sukses Jalankan Program Pencegahan Terorisme, FKPT Kalsel Belajar Langsung ke Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Jepara dan Lebak menjadi dua kabupaten yang memiliki Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT). Forum ini menjadi mitra Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT) dalam program pencegahan terorisme.

Sebagai pioner, Jepara hampir selalu jadi rujukan daerah yang ingin mendirikan FKPT. Salah satunya adalah Tim FKPT dari Provinsi Kalimantan Selatan yang datang ke Kota Ukir, Jumat, (19/5/2023). Rombongan tersebut diterima Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, di Ruang Command Center Setda Jepara.

Edy menjelaskan, meskipun FKPT Jepara terbilang baru, tapi sudah dapat berdampak pada pencegahan terorisme di wilayah Jepara. Selama tiga bulan berjalan, program yang dilakukan juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Baca juga: Kesbangpol Jateng Resmikan Pusat Layanan Cegah Terorisme

Dalam menjalankan program, FKPT Jepara melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk intelejen Polres Jepara dan Kodim 0719/Jepara. Informasi dari berbagai pihak menjadi salah satu upaya penting untuk mencegah tindak pidana terorisme.

“Kami berharap adanya kunjungan tersebut juga dapat menjadi awal hubungan yang baik antara pemerintah Kabupaten Jepara dengan Pemerintah Kalimantan Selatan,” katanya.

Baca juga: Mantan Napi Teroris di Yayasan Gemas Salam Dapat Hibah Mobil dari Pemkot Solo

Ketua FKPT Kalimantan Selatan, Aliansyah Mahadi mengatakan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Jepara memang untuk berguru secara langsung agar dapat menjadi dorongan bagi FKPT Provinsi Kalimantan Selatan untuk membentuk FKPT Kabupaten yang akan diusulkan ke Badan Nasional Pencegahan Terorisme (BNPT).

“Kami ingin belajar karena FKPT yang ada di kabupaten ini hanya dua. Kami ingin tahu bagaimana bisa terbentuk, dan nantinya akan kami terapkan di kalimantan selatan,” katanya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER