31 C
Kudus
Kamis, Februari 22, 2024

Parkir Motor di Dandangan Rp 5 Ribu, Jukir: ‘Pengunjung Tak Ada yang Protes’

BETANEWS.ID, KUDUS – Tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk motor di tradisi Dandangan Kudus sempat jadi polemik. Itu dikarenakan para juru parkir di even menyambut bulan puasa tersebut dianggap menaikan tarif secara sepihak dan tak sesuai aturan.

Sesuai Perda Parkir Jalan Umum, tarif parkir untuk sepeda motor hanya Rp 1.000 dan mobil Rp 2 ribu. Para juru parkir juga sempat mendapatkan pembinaan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus terkait hal tersebut. Meski begitu, tarif parkir motor di Dandangan masih tetap Rp 5 ribu.

Baca juga: Bukan Rp5.000, Dishub Kudus Tekankan Tarif Parkir Motor di Dandangan Cuma Rp1.000

“Kami memang masih tetap mematok tarif parkir motor sebesar Rp 5 ribu. Bukannya kami tidak mematuhi aturan, tapi ini kan even bukan parkir harian. Jadi istilahnya momen panen bagi kami para juru parkir,” ujar salah satu juru parkir Dandangan, Sapto Aji kepada Betanews.id, Selasa malam (21/3/2023).

Sapto mengira bahwa semua masyarakat atau para pengunjung even Dandangan sudah memaklumi dengan besaran tarif parkir motor sebesar Rp 5 ribu. Sebab, selama ini tak ada yang menolak atau setidaknya menawar bahkan ngeyel.

“Kalau pengunjung tidak mau dengan tarif tersebut silahkan cari parkiran lain. Nanti juga dapatnya tarif Rp 5 ribu, karena hampir seluruh juru parkir di Dandangan mematok tarif segitu,” bebernya di lokasi parkiran yang dikelolanya, di sebelah selatan Alun-alun Simpang Tujuh, Kudus.

Hal senada juga dikatakan oleh juru parkir di Jalan Masjid Agung Kudus, Paijo (nama samaran). Dia dan rekannya mematok tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk motor selama gelaran Dandangan. Dan, selama ini tak ada pengunjung yang protes.

“Jika ada yang protes atau tidak mau dengan tarif tersebut kami persilahkan cari tempat parkir lain. Nanti juga dapatnya tempat parkir dengan tarif yang sama,” ujarnya.

Baca juga: Berkah Dandangan Buat Juru Parkir Cuan Banyak, Semalam Bisa Kantongi Rp 250 Ribu

Dia menambahkan, selama gelaran Dandangan seluruh juru parkir menetapkan tarif yang kurang lebih sama, yakni Rp 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp 10 ribu untuk mobil.

“Tarif parkir di Dandangan semua sama, Rp 5 ribu untuk motor. Kalau nyari yang lebih murah tak akan menemukan, tarif Rp 5 ribu saja pengunjung berebut,” bebernya.

Editor: Suwoko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER