31 C
Kudus
Rabu, Juli 24, 2024

Rasa, Pelayanan dan Kejujuran, Kunci Sukses Bagi Sumarni Dalam Berjualan Soto dan Pindang Khas Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Berkecimpung dalam usaha kuliner sudah dilakoni Sumarni, Pemilik Soto dan Pindang Mbak Mar sejak 1980an. Sebelum bermukim di Pusat Kuliner Taman Bojana, Simpang Tujuh Kudus, ia telah dulu berjualan di Jalan Sunan Muria bersama ibunya.

“Saya baru masuk ke sini itu tahun 1997. Sebelumnya ya saya ikut bantu ibu jualan di sepanjang Jalan Sunan Muria,” katanya pada Betanews. id.

Menjaga cita rasa kuliner yang legendaris di Kudus, sudah menjadi prinsip bagi Sumarni. Menurutnya, ada segi perbedaan Soto Kudus buatanya dengan tempat lainnya.

-Advertisement-

Baca juga: Kuah Kentalnya yang Gurih, Soto dan Pindang Kudus Mbak Mar Laris Diburu Pembeli

“Kuah saja sudah beda, kalau di sini rempah-rempahnya kuat. Seperti ada karinya, kalau pembeli mencoba pasti bisa membedakan, ” ujarnya.

Soto dan Pindang Mbak Mar itu, ia buat khusus menggunakan daging sapi. Untuk satu porsinya ia jual Rp17 ribu. Dalam sehari, ia bahkan bisa menghabiskan ratusan porsi setiap harinya.

“Hari-hari aktif Senin-Kamis itu bisa 100-125 porsi, kalau weekend bisa sampai 200 porsi lebih, ” sebutnya.

Tidak hanya mementingkan kualitas rasa, Sumarni menerapkan kejujuran dalam berjualan menjadi hal yang utama. Sehingga pembeli dapat percaya dan senang dengan pelayanan.

“Saya memperhatikan rasa, pelayanan, dan kejujuran. Itu bisa jadi catatan, dalam berjualan kalau mau sukses dan bertahan, ” jelasnya.

Baca juga: Pakai Cara Promosi Ini, Widoyo Bisa Naikkan Penjualan Soto dari 25 Porsi Jadi Seratusan Porsi Sehari

Berkat ketekunannya, kini kedai soto Sumarni jadi jujugan wisatawan dari berbagai luar kota. Terlebih saat mendapatkan kesempatan diliput wartawan kuliner Bondan, banyak kalangan artis turut mencoba masakannya.

“Alhamdulillah makin banyak yang ke sini, artis-artis juga seperti Krisdayanti, Ungu, Bolot, Almarhum Aji Massaid, ” pungkasnya.

Editor: Kholistiono

Sekarwati
Sekarwati
Sekarwati adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di UIN Walisongo Semarang Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER