31 C
Kudus
Rabu, Februari 21, 2024

Ini Lho Bedanya Robusta Original, Robusta Wine, dan Robusta Peaberry Produksi Teje Coffee Jepara

BETANEWS.ID, JEPARA – Aroma kopi tercium begitu kuat saat tiba di rumah produksi Teje Coffee di Desa Ngabul RT 5 RW 6, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Tempat yang khusus mengolah Kopi Tempur itu baru-baru ini hangat diperbincangkan penikmat kopi lantaran punya ciri khas.

Di tangan Muh. Cholil (30), kopi yang berasal dari Lereng Gunung Muria sebelah Utara itu bisa manjadi sajian yang nikmat dan banyak disukai pelanggannya yang sudah merambah hampir seluruh Indonesia.

Cholil sedang memproduksi Kopi Tempur di tempat usahanya. Foto: Erna Safitri

Menurut Cholil, Kopi Tempur berjenis robusta itu memiliki biji kopi yang berukuran kecil dengan tingkat keasaman yang tinggi. Kopi itu kemudian ia jadikan tiga produk yaitu robusta original, robusta wine, dan robusta peaberry.

Baca juga: Kopi Biji Alpukat Ini Sensasi Rasanya Begitu Unik, Harganya Cuma Segini

Untuk kopi robusta original, kopi ini memiliki cita rasa pahit dengan warna hitam pekat dan rasanya kuat. Lalu untuk robusta wine, meski namanya wine tetapi tidak membabukkan. Kopi robusta wine ini rasanya asam dengan aroma yang lebih wangi. Rasa asam ini dihasilkan dari proses fermentasi.

Sementara untuk robusta peaberry sering disebut kopi lanang. Kopi ini didapat dari biji kopi tunggal yang berukuran lebih besar dan biasanya mengandung kafein yang lebih banyak kandungan nutrisinya, sehingga kadar kafeinnya lebih tinggi dari biji kopi biasa.

“Yang paling diminati itu kopi original atau untuk harian biasanya lebih ringan dan bisa diterima segala kalangan. Kalau yang tingkat lanjut biasanya robusta wine yang pengen cari pengalaman rasa yang beda,” jelasnya, Senin (30/1/2023).

Baca juga: Laris Manis, Kopi Rempah Sultan Produksi SMK Duta Karya Diklaim Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Kopi tempur ini dijual dalam bentuk bubuk/powder dan roasted bean dengan ukuran kemasan 120 gram, 250 gram, 500 gram dan 1 kilogram. Harganya untuk robusta original mulai Rp18 ribu sampai Rp110 ribu, robusta wine dan peaberry mulai Rp25 ribu sampai Rp200 ribu.

“Pelanggan khusus dalam kota Jepara sendiri, Demak, Semarang, Surabaya, Papua, Denpasar, Kalimantan. Biasanya sekali produksi 15-20 kilogram. Bisa dimaksimalkan lagi cuma kebutuhan memang segitu,” berbernya.

Jika penasaran dengan kopi tempur dari Teje Coffee ini, kopi tempur dapat dipesan melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Instagram dengan nama @tejecoffe.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER