31 C
Kudus
Sabtu, November 26, 2022
BerandaBISNISKopi Biji Alpukat...

Kopi Biji Alpukat Ini Sensasi Rasanya Begitu Unik, Harganya Cuma Segini

BETANEWS.ID, SOLO – Di tangan orang-orang kreatif, biji alpukat rupanya bisa diubah menjadi kopi yang punya cita rasa unik. Hal inilah yang dilakukan para pemuda Wonogiri yang tergabung di UP. Dasa Karsa.

Ketua UP Dasa Karsa Dwi Maryanti menjelaskan, ide membuat kopi biji alpukat ini berangkat dari Wonogiri yang jadi salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia. Dari melimpahnya kopi itu, mereka punya inovasi untuk membuat kopi yang dipadukan dengan biji alpukat.

Stan Kopi Biji Alpukat yang punya banyak khasiat kesehatan di Solo Technopark. Foto: Khalim Mahfur

“Yang paling banyak adalah kopi robusta sehingga kita campur, kita mix antara biji alpukat dengan kopi robusta di Wonogiri sehingga terbentuklah Kopijat ini,” ujarnya saat ditemui, Rabu (5/10/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Laris Manis, Kopi Rempah Sultan Produksi SMK Duta Karya Diklaim Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Dwi mengatakan, mulanya ia bersama timnya berpikir lantaran saat mengkonsumsi alpukat, bijinya hanya dibuang begitu saja. Kemudian ia ingin berinovasi dengan menggunakan biji alpukat yang ternyata kaya akan manfaat.

“Di salah satu jus buah itu, seminggu itu limbah biji alpukat sekitar 10 kilogram. Dari biji alpukat itu kan mengandung asam koleat yang mana itu bisa bermanfaat untuk tubuh, bisa untuk menurunkan kolesterol, resiko penyakit jantung, mencegah diabetes, serta melancarkan peredaran darah,” terangnya.

Dwi bersama timnya lalu memformulasikan kopi dengan biji alpukat sejak Januari 2022. Namun, untuk komposisinya, ia enggan untuk menyebutkan, lantaran merupakan rahasia perusahaan.

Semenjak diproduksi, Dwi banyak mendapat respon positif dari masyarakat. Bahkan, ia menyebut sekitar 80 hingga 90 persen konsumennya menyukai produk Kopijat ini.

“Kalau rasanya asing. Jadi mungkin orang yang mungkin belum pernah mencicipi, ada cita rasa yang berbeda dan berkarakter yang mungkin belum pernah sebelumnya dirasakan,” katanya.

Baca juga: Rasanya Unik, Kopi Milk Klepon di Ti.Teguk Coffee Pijar Park Ramai Diburu Pecinta Kopi

Sejauh ini, Dwi memasarkan produk Kopijat melalui media sosial Instagram dan WhatsApp. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

“Pemasarannya kita masih via IG sama WhatsApp karena memang hasil proses perizinan di PIRT nya. Harganya murah, ini 50 gram Rp15 ribu, yang 15 gram cukup Rp5 ribu saja untuk tiga kali seduh,” ungkapnya.

Berbekal produk Kopijat, Dwi berharap bisa menginspirasi banyak masyarakat khususnya petani kopi di Wonogiri untuk membudidayakannya sehingga menjadi bahan baku yang melimpah.

“Dan juga untuk pecinta kopi bisa membuat sebuah ide kreativitas untuk membuat sebuah kopi varian baru, mungkin dengan mix apa gitu, sehingga menimbulkan sebuah rasa kopi yang berbeda,” harapnya mengakhiri.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,334PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler