31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaKULINERWajib Coba! Sate...

Wajib Coba! Sate Kerbau Pentol, Dagingnya Empuk dengan Bumbu Rahasia yang Rasanya Mantul

BETANEWS.ID, KUDUS – Pagi itu, warung sate kerbau yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Desa Rendeng, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, terlihat ramai pengunjung. Beberapa wanita dan pria tampak duduk di bangku panjang sambil menikmati hidangan yang disajikan.

Sementara, di depan warung tampak seorang pria berkaus hijau sedang membakar sate kerbau. Sesekali ia tampak membolak-balikan sate dan membubuhkan pada piring berisi bumbu.

Pria itu adalah Rizky Windiarinto (38) pemilik warung Sate Kerbau Pentol. Katanya, sate kerbau di tempatnya punya cita rasa khas dan berbeda dari warung sate biasanya. Tidak heran, dalam sehari dirinya bisa menjual hingga ratusan tusuk sate kerbau.

Ari sedang menyiapkan menu sate kerbau pesanan pelanggan. Foto: Erna Safitri.

Baca juga: Kena PHK saat Pandemi, Ari Bangkit dengan Rintis Usaha Sate Kerbau Pentol

“Paling ramai di pagi hari buat sarapan dan waktu jam makan siang. Biasanya sehari rata-rata bisa terjual sampai 350 tusuk sate kerbau, dari yang sate daging sampai lidah,” Katanya, Rabu (18/1/2023).

Ari begitu sapaannya menjelaskan, terdapat beberapa menu sate dari kerbau. Di antaranya, sate daging, sate daging dan gajih, sate koyor, sate lidah dan sate hati. Sate ini disandingkan dengan bumbu kacang dengan dua varian tidak pedas dan pedas. Disediakan pula cabai kukus bagi yang kurang pedas.

“Harganya semuanya Rp 4.200 per tusuk. Ada paketan hemat, Rp15 ribu dapat 3 tusuk sate dan nasi, paket Rp 25 ribu dapat 5 tusuk sate, nasi dan es teh, lalu paket Rp 42 ribu dapat 10 tusuk gratis es teh atau nasi,” jelasnya.

Menurut Ari, sate daging kerbau di tempatnya memiliki tekstur empuk dan bumbunya meresap. Lantaran ia menggunakan daging khas dalem (tanderloin), yakni daging grade A atau premium. Selain itu, sate menggunakan daging utuh bukan daging gepuk atau gilingan.

Bapak dua anak itu mengatakan, bumbu yang digunakan untuk sate merupakan resep rahasia turun temurun dari sang nenek dengan sedikit modifikasi. Bumbu tersebut membuat sate kerbau buatanya terasa enak, nikmati dan mampu menarik banyak pelanggan.

“Pelanggan dari kalangan usia 35 tahun ke atas, ada beberapa juga anak- anak yang suka. Mereka kebanyakan dari Kudus, ada dari Demak, Pati, Jepara sampai Surabaya,” tuturnya.

Baca juga: Soto Kerbau Pak Di, Soto Legendaris di Kudus yang Sudah Ada Sejak 1971

Warung Sate Kerbau Pentol itu buka dari hari Sabtu sampai Kamis, mulai buka 07.30 hingga pukul 14.30 WIB. Pelanggan juga dapat memesan melalui aplikasi GrabFood dan Kopdar. Pihaknya juga menerima layanan pesan antar.

Ari menambahkan, ia juga menerima pesanan untuk acara tertentu. Yang mana harga dapat menyesuaikan permintaan pemilik hajat, dengan menghubungi WhatsApp di 0858-5978-1715.

“Kita melayani pengiriman free ongkir juga untuk dalam kota tanpa minimal order, tetapi kalau daerah Kaliwungu dan Jekulo ada minimal order. Sampai luar kota juga bisa,” tukasnya.

Editor: Kholistiono

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler