31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaPertanianBisnis Sampingan yang...

Bisnis Sampingan yang Menggiurkan dari Harumnya Bunga Kenanga

BETANEWS.ID, KUDUS – Puluhan pohon kenanga tampak terlihat di depan rumah warga di Desa Gondangmanis RT 3 RW 10, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Terlihat pula seorang pria paruh baya mengenakan kaus hijau sedang memetik bunga kenanga di beberapa pohon yang ada. Dia adalah Sudiono (62), Pembudidaya Pohon Kenanga.

Setelah selesai, pria yang akrab disapa Sudi itu bersedia berbagi informasi tentang pohon kenanga yang ia punya. Menurutnya, sebanyak 40 an pohon kenanga yang bunganya biasa dimanfaatkan untuk berziarah kubur itu ditanam sejak 2013 lalu yang diminta langsung oleh pedagang bunga yang ada di Proliman Barongan, Kudus.

Sudiono sedang memetik bunga Kenanga. Foto: Kaerul Umam.

Baca juga: Menarik, Warga Kudus Ini Sukses Budidaya Tanaman Strawberry di Dataran Rendah

“Jadi ini awalnya disuruh tanam bunga kenanga yang kemudian saat panennya mereka ambil ke sini. Ya alhamdulillah sudah berjalan 8 tahun hingga saat ini dan masih panen setiap seminggu sekali,” beber Sudi kepada Betanews.id, Selasa (24/1/2023).

Pohon kenanga, kata Sudiono yang juga Ketua RT 3 RW 10, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae itu ditanam ditanah dengan luasan 20×8 meter. Hingga saat ini kenanga tersebut mampu menjadi pendapatan tambahan bagi keluarganya, selain petani di area persawahan.

“Kalau panen itu setiap sepekan sekali, karena saat ini ada kendala hama. Kalau tidak ada hama, biasa sepekan itu bisa dua kali panen. Kalau panen ya biasanya dapat satu hingga 2 plastik besar,” ucapnya.

Menurutnya, dalam penjualan bunga kenanga itu bisa menghasilkan antara Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu setiap panen. Dari 40 pohon kenanga yang ia punya, semua bunganya diambil langsung sama pedagang bunga yang biasa mangkal di Proliman Barongan Kudus.

Baca juga: Djakfar, Pensiunan Pegawai Bank yang Sukses Budidaya Buah Naga Secara Organik

Ia menambahkan, dalam perawatan bunga kenanga itu sebetulnya tidak sulit, hanya saja saat ini ada kendala di hama yang menyerang puluhan pohon yang ia punya saat ini. Bahkan, ia sudah melakukan apa yang disarankan orang sudah dilakukan semua namun masih nihil.

“Kendalanya hama mas, padahal sudah saya semprot agar hama yang menempel di daun maupun pohon itu tidak ada. Tapi sulit mengatasinya,” tuturnya.

Editor: Kholistiono

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler