31 C
Kudus
Rabu, Februari 28, 2024

Upgris Mewisuda 745 Mahasiswa, Rektor Sebut Lulusannya Punya Keunggulan Ini Dibanding Kampus Lain

BETANEWS.ID, SEMARANG – Universitas PGRI Semarang (Upgris) menggelar wisuda ke-77 yang diikuti 745 mahasiswa di Balairung kampus Upgris, Selasa (20/12/2022). Para wisudawan itu merupakan lulusan dari program sarjana S-1, S-2, dan profesi.

Rektor Upgris Sri Suciati mengajak wisudawan yang berasal dari jurusan keguruan untuk menjadi guru profesional dengan cara mendaftarkan diri di Pendidikan Profesi Guru (PPG). Suci mengatakan, rencana pemerintah untuk merekrut satu juta guru dinilai sangat bermanfaat bagi lulusan tahun ini.  Sebab, rencana tersebut membuat para lulusan bisa memiliki peluang besar untuk berkarir sebagai pendidik.

Makanya, PPG itu penting karena bisa menjadikan lulusan keguruan memiliki kompetensi dan profesional ketika sudah terjun menjadi guru. Tahun ini, mahasiswa yang lulus program PPG ada 100 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, Suci yakin bisa langsung terserap ke dunia kerja.

Baca juga: 1.247 Mahasiswa IAIN Kudus Diwisuda, Rektor Berharap Wisudawan Bisa Jadi Duta Kampus

“Mahasiswa bisa masuk ke Program PPG di Universitas PGRI Semarang. Kami memiliki sembilan bidang studi PPG, semuanya masih terbuka. Artinya, kami mendapatkan kuota sehingga mereka betul-betul menempuh pendidikan PPG Pra Jabatan selama 1 tahun. Setelah itu, mereka bisa menjadi PNS, dosen, guru yayasan yang akan dibayar oleh pemerintah penunjang profesi,” ujar Suci.

Saat ditanya soal bedanya lulusan Upgris dengan kampus lainnya,

Suci lantas menjelaskan kunggulan lulusan Upgris dibanding kampus lain. Menurutnya, mahasiswanya sudah dibekali pendidikan maupun non-pendidikan dengan soft kill. Pihaknya menyediakan kepada mahasiswa sebuah pelatihan atau Pies-Q 3.0 yang didapatkan ketika mahasiswa pertama masuk kuliah.

Baca juga: KPU Kota Semarang Masih Tunggu Intruksi Soal Wacana Kampanye di Lingkungan Kampus

“Itulah penanaman pendidikan karakter yang luar biasa. Dan mereka kenang sampai lulus dan digunakan sampai mereka tinggal bersama masyarakat, ” tuturnya.

Bukan hanya diberi Pies-Q saja, Upgris juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti berbagai kegiatan non-akademik yang difasilitasi oleh kampus.

Selain itu, Suci mengungkapkan, Upgris juga menyiapkan setiap program studinya itu center off excellent. Harapannya, mahasiswa yang lulus memiliki keunggulan yang bisa ditawarkan ke masyarakat.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
6,574PengikutMengikuti
129,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER