31 C
Kudus
Minggu, Juli 21, 2024

Segini Setoran Juru Parkir ke Dishub Kudus Dalam Sehari

BETANEWS.ID, KUDUS – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus tahun 2022 sudah tercapai 96,07 persen hingga 7 Desember dan diperkirakan bisa melampui target Rp3,2 miliar. Namun, dari tujuh sektor sumber PAD Dishub Kudus, retribusi parkir jalan umum jadi penyumbang terendah atau masih jauh dari target.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Parkir dan Terminal Dishub Kudus, Wahyudi Eko Wuryanto mengatakan, target retribusi parkir jalan umum tahun 2022 sebesar Rp1,06 miliar. Namun, hingga 7 Desember, baru terealisasi Rp799 juta.

“Realisasi retribusi parkir jalan umum tersebut setara 74,90 persen. Jadi masih jauh dari target,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, beberapa hari lalu.

-Advertisement-

Baca juga: Penerimaan PAD dari Parkir Khusus Ramayana Kudus Capai Rp 14 Juta per Bulan

Wahyudi pun pesimis target retribusi parkir jalan umum bisa tercapai hingga akhir tahun. Pasalnya, kekurangannya masih cukup banyak, sedangkan waktunya sudah mepet.

“Saya kira tidak akan tercapai. Sebab kurangnya cukup banyak, kurang lebih Rp268 juta,” bebernya.

Ia mengkalkulasi, Dishub Kudus mengampu sekitar 183 titik parkir jalan umum. Dari jumlah tersebut, retribusi yang didapatkan oleh Dishub kurang lebih Rp1,5 juta per hari. Jumlah itu didapatkan dari 183 juru parkir yang setor antara Rp10 ribu sampai Rp15 ribu per hari.

“Dari kalkulasi itu, hingga akhir tahun penambahan retribusi dari parkir jalan umum masih jauh dari target. Jadi target tidak akan tercapai,” tandasnya.

Dia mengungkapkan, pada awal tahun target retribusi dari parkir jalan umum ditetapkan Rp700 juta. Namun, di perubahan anggaran tahun 2022 ada penambahan target sebesar Rp300 juta.

Baca juga: Sudah 96 Persen, Dishub Kudus Optimis Target PAD Rp3,2 Miliar Bisa Terlampaui

“Oleh karenanya, realisasinya masih jauh dari target. Sebenarnya, jika tidak dinaikkan, target bisa tercapai,” ujarnya.

Sebagai informasi, retribusi parkir jalan umum Dishub Kudus terdiri dari parkir tepi jalan umum, parkir umum Balai Jagong, parkir umum Jalan Loekmono Hadi, Jalan Mayor Basuno, dan Jalan Ramelan, parkir langganan serta parkir umum car free day (CFD).

“Untuk tarifnya parkir jalan umum masih sama dangan tahun lalu yakni Rp1 ribu untuk sepeda motor dan Rp2 ribu untuk mobil,” pungkas Wahyudi.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
141,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER