31 C
Kudus
Sabtu, Juni 22, 2024

1.600 PKL Dapat BLT Rp450 Ribu dari Pemkab Kudus

BETANEWS.ID, KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus melalui Dinas Perdagangan (Disdag) menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) ke 1.600 pedagang kaki lima (PKL) di kantor Disdag, Senin (5/12/2022).

Kepala Bidang (Kabid) PKL pada Dinas Perdagangan Kudus Imam Prayitno mengatakan, 1.600 PKL itu terdiri dari 1.266 PKL umum dan 334 PKL sektor pasar. Total BLT yang diberikan kurang lebih sebesar Rp706 juta yang besumber dari Dana Insentif Daerah (DID),” beber Imam.

Para PKL saat megambil BLT di Kantor Disdag Kudus. Foto: Rabu Sipan

Dia mengungkapkan, PKL yang dapat BLT adalah meraka yang sudah tergabung dalam paguyuban. Masing-masing PKL mendapatkan BLT sebesar Rp450 ribu untuk tiga bulan yakni Oktober, November, dan Desember.

-Advertisement-

Baca juga: Dukung Pemda Turunkan Angka Stunting, BPJS Kesehatan Kudus Berikan Bantuan Sufor dan Makanan Tambahan

“Berarti PKL tersebut mendapatkan BLT sebesar Rp 150 ribu per bulannya. Yang pemberiannya dirapel langsung tiga bulan dan diserahkan di Bulan Desember,” jelasnya.

Salah satu PKL, Sutrisno (51) mengaku sangat bersyukur mendapatkan BLT dari Pemkab Kudus. Menurutnya, BLT ini sangat membantu para pedagang kecil.

“Tentu senang dapat BLT. Saya juga berterima kasih kepada pemerintah yang peduli terhadap para PKL,” ujar warga Desa Undaan Kidul, Kecamatan Undaan, Kudus tersebut.

Baca juga: Beri Bantuan Modal ke 81 UMKM, Hartopo: ‘Semoga dari Rp5 Juta Bisa Jadi Rp5 Miliar’

Pria yang setiap harinya jualan di sekolahan itu mengungkapkan, uang BLT yang didapatkannya akan digunakan untuk tambah modal berdagang. Menurutnya, proses pencairan BLT untuk PKL ini sangat mudah dan tak dipersulit, yakni cukup bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang asli serta foto kopinya.

“Proses pencairan BLT sangat cepat dan tidak ribet. Ini sudah cair,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
140,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER