31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSOLOTinjau Masjid Syeikh...

Tinjau Masjid Syeikh Zayed Solo, Menteri Basuki: ‘Masjid Sebesar Ini Tak Ada Lapangan Parkir’

BETANEWS.ID, SOLO – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sedikit kecewa dengan pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo. Pasalnya, ada beberapa bagian detail di masjid tersebut yang kurang sempurna.

Basuki menemukan beberapa hal yang kurang sesuai, seperti tulisan Asmaul Husna yang ditempel di dinding masjid yang kurang besar. Maka dari itu, menurutnya pada bagian tersebut akan diganti.

Penampakan Masjid Syeikh Zayed Solo yang jadi salah satu masjid terindah di Indonesia. Foto: Ist

“Kemudian ada di daerah wudu juga ada pancuran yang belum masuk lubang itu beberapa yang harus diganti. Ini benar benar fine tuning, untuk kerapian. Kemudian untuk yang lain-lain yang coel-coel ada juga keramik pemasangannya kurang rapi harus dirapihin,” kata Basuki usai meninjau masjid tersebut, Jumat (4/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Megahnya Masjid Syeikh Zayed Solo, Salah Satu yang Terindah di Indonesia

Basuki juga meminta semua tanaman yang ada di taman diganti dengan tanaman yang baru yang lebih sesuai. Apalagi, Basuki juga menemukan tanaman yang sudah mati.

“Saya minta semua taman diperbaiki. Kami baru saja selesai untuk merenovasi taman di Bali untuk G20. Saya minta itu diimitasi di sini, lebih njembrung jangan yang kaya gini,” tegasnya.

Tak sampai di situ saja, Basuki juga menyoroti bagian parkir yang sangat minim. Ia lantas berkomunikasi dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono untuk merobohkan bangunan Detasemen Perbekalan dan Angkutan IV.04.04 Bekangdam IV/Diponego untuk dibuat lapangan parkir.

“Ini yang paling krusial. Masjid sebesar ini tidak ada lapangan parkir. Saya sudah telfon Pangdam hari ini. Akan dirobohkan 2.000 meter persegi sesuai dengan masterplan Islamic Center Solo. 2000  meter persegi itu kira-kira muat 200 mobil. Nanti kalau bila perlu kita bikinkan elevated parkir,” papar Basuki.

Dengan waktu yang semakin mepet dengan peresmian, yakni pada 17 November 2022 mendatang, menurut Basuki beberapa perbaikan tersebut masih bisa dilakukan.

Baca juga: Tinjau Progres Pembangunan Masjid Syeikh Zayed Solo, Dirjen Cipta Karya Berikan Sejumlah Catatan

“Masih (dapat dikejar perbaikannya) 10 hari kan. Ya, harus (selesai). Ya tanggal 15 (selesai pengerjaan),” kata Basuki.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, gedung Detasemen Perbekalan dan Angkutan IV.04.04 Bekangdam IV/Diponego memang direncanakan untik dibangun Islamic Center. Sementara, perubahan tersebut merupakan hal yang bisa diupayakan hingga peresmian besok.

“Itu juga untuk parkir islamic center ya. Itu dulu sementata yang bisa kita upayakan peresmian besok. Itu sek (dulu) ngejar pembukaan dulu. Pembangunan Islamic Center nanti tahun depan,” tutup Gibran.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler