31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKISAHPernah Rugi Rp20...

Pernah Rugi Rp20 Juta Tak Bikin Misbach Putus Asa, Kini Usaha Ayam Krispinya Makin Laris

BETANEWS.ID, KUDUS – Dua orang pria dan wanita tampak kewalahan melayani pembeli di outlet yang berada di depan Pasar Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Hari itu, lapak ayam krispi tersebut memang ramai didatangi pembeli.

Bagi sang pemilik, Misbachussurur (29), ramainya tempat usahanya itu sangat disyukuri karena itu seperti sebuah penebusan saat pernah rugi hingga Rp20 juta di usaha yang sama. Kerugian itulah yang memicunya untuk bangkit dan bisa seperti sekarang ini.

Misbach sedang melayani pembeli di outletnya. Foto: Kaerul Umam

“Awal merintis usaha saya pernah bangkrut Rp 20 juta di usaha ayam krispi yang saat itu di Jakarta. Faktor yang membuat rugi itu karena lokasi tempat jualan salah. Meskipun di area yang ramai, tapi tempatnya itu jalur cepat, sehingga selama tiga bulan itu saya merugi,” beber Misbach kepada Betanews.id, Sabtu (19/11/2022).

- Ads Banner -

Baca juga: Cerita Guru SMP Rintis Usaha Mie Petir yang Kini Laris Manis, Awalnya Sempat Diremehkan

Ia menjelaskan, usaha ayam krispi itu ia rintis saat mengajar di pondok pesantren di Jakarta untuk cari tambahan penghasilan. Di sana, usahanya bertahan tiga tahun sebelum akhirnya ia memilih pulang dan berwirausaha di sekitar tempat asalnya yaitu Demak.

“Sejak 2019 saya memutuskan untuk pulang dan fokus membuat usaha di desa. Untuk usaha di Jakarta saya jual dengan orang lain,” ucap anak sulung dari tiga bersaudara itu.

Ia menceritakan, alasan utama ia lebih memilih usaha di desa karena ia ingin dekat dengan orang tuanya. Ia percaya, di mana pun usaha pasti akan mendapatkan keberkahan meski usaha sebelumnya sudah berjalan.

“Setelah pulang dari perantauan saya buka di Desa Kalirejo yang saat itu belum banyak yang jual ayam krispi. Respon bagus dari pembeli hingga saya pernah mempunyai empat outlet penjualan ayam krispi. Namun, saat ini hanya tersisa satu karena ada kendala di waktu,” terang warga Desa Brakas, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak tersebut.

Baca juga: Rintis Bisnis Sejak Kuliah, Vivi Kini Jadi Pengusaha Baju Anak Impor yang Omzetnya Bikin Iri

Misbach menambahkan, tak hanya punya outlet ayam krispi, kini ia juga mempunyai outlet yang menjual dimsum. Memilih dimsum karena melihat potongan ayam yang tersisa dan tidak bisa dibuat ayam krispi, ia pun kemudian dapat ide untuk membuat dimsum.

“Untuk penjualan ayam krispi seharinya antara 100 potong sampai 150 potong ayam. Sedangkan untuk dimsum penjualan masih sedikit, sehari hanya bisa jual 20 porsi,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler