31 C
Kudus
Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaWISATAMemberi Makan Kebo...

Memberi Makan Kebo Bule di Alkid Solo, Wisata Murah Meriah yang Digandrungi Anak-Anak

BETANEWS.ID, SOLO – Raut wajah gembira tampak terpancar dari anak-anak yang sedang memberi makan kebo bule di Alun-Alun Kidul (Alkid) Keraton Solo. Seikat demi seikat kangkung terlihat dengan lahap dimakan oleh hewan yang dianggap keramat di keraton itu. Setiap pakannya habis, para anak-anak itu terlihat mengambil lagi untuk kemudian disodorkan ke mulut kerbau lagi.

Jika berkunjung ke Solo, memang belum afdal kalau belum berkunjung ke Alun-Alun Selatan. Sebab, di sana terdapat kerbau bule yang sudah ikonik sejak dulu di lokasi tersebut. Hewan tersebut juga tidak agresif sehingga tidak berbahaya bagi anak-anak. Namun, setiap orang dewasa diharapkan untuk tetap mengawasi anak-anak.

Beberapa anak terlihat sedang memberi amkankebo bule di Alkid Solo. Foto: Khalim Mahfur

Penjual kangkung untuk pakan kerbau, Joko Mursito mengatakan, ia baru menjual kangkung dua pekan ini semenjak pandemi Covid-19. Meski baru kembali jualan, ia mengaku kangkungnya laris manis dibeli oleh pengunjung.

Baca juga: Taman Pracima Mangkunegaran, Spot Wisata Baru di Solo yang Memanjakan Mata

“Ini baru dua minggu, cuma hari Minggu, kan kemarin PPKM itu ndak boleh jualan dulu. Terus ini jualan dulu berhubung harinya Minggu aku jualan untuk cari nafkah. Kalau dulu tiap hari,” kata pria yangakrab disapa Pak Gepeng itu, Minggu (26/11/2022).

Pak Gepeng biasanya menjual kangkung dari pagi hingga sore hari. Kangkung tersebut ia ambil dari daerah Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali.

“Ini jualam berangkat jam 6.00 sampai nanti habis zuhur. Setelah itu mengurus kebo dan habis ngurusin kerbau pulang. Nanti habis zuhur ke sini lagi sampai sore,” katanya.

Menurut Gepeng, pengunjung yang ingin memberi makan kebo bule terus berdatangan. Bahkan semenjak ia buka di pagi hari hingga kangkungnya habis di sore hari.

“Dua minggu laku terus, aku kan kalau bawa pagi 100 ikat, siang 100 ikat. Satu ikatnya harganya Rp2.500,” ujarnya.

Baca juga: Museum Radya Pustaka, Museum Tertua di Indonesia yang Simpan Benda Peninggalan Keraton Solo

Destinasi satu ini sangat cocok, apalagi untuk pengunjung yang mempunyai anak kecil. Menurut Gepeng, pengunjung biasanya ramai ketika tanggal merah dan akhir pekan.

Salah satu pengunjung Nana Dwi Hastuti (32) mengaku senang bisa mengajak keluarganya melihat kebo bule. Apalagi, wisata itu termasuk murah meriah dan disukai anak-anak.

“Kan udan legend ini ya. Udah tahu dari mana-mana kalau ke solo ya kebo bule itu. Tadi habis ke Masjid Syeikh Zayed yang baru itu, terus mampir ke sini,” ujar wisatawan asal Klaten itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,383FansSuka
13,322PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
100,000PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler