31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKULINERIstana Sate &...

Istana Sate & Gule Bang Sentut Ini Terkenal Dagingnya Empuk dan Bumbunya Meresap

BETANEWS.ID, KUDUS – Di sebuah warung yang berada di Dukuh Pecinan RT 2 RW 3, Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, tampak ramai oleh kendaraan yang parkir. Di dalamnya, terlihat beberapa pelanggan sedang menikmati sate. Tempat tersebut adalah Istana Sate & Gule Bang Sentut.

Pemilik Warung Istana Sate & Gule Bang Sentut Supardi (50) mengatakan, warungnya itu menyediakan empat macam sate yang bisa dipilih pelanggan, yaitu sate kambing, sate sapi, sate ayam, sate kelinci dan gulai.

Sentut sedang memanggang sate di Istana Sate & Gule Bang Sentut. Foto: Erna Safitri

Sentut menyebut, sate di warungnya itu terkenal memiliki tekstur daging yang empuk karena dirinya menggunakan daging pilihan. Misalnya untuk sate ayam ia menggunakan bagian dada, lalu untuk sate kambing menggunakan daging domba yang teksturnya empuk. Sedangkan untuk sate sapi menggunakan daging has dalam atau fillet yang dijamin empuk dibanding jenis daging sapi lainnya.

- Ads Banner -

Baca juga: Enaknya Mi Level di Kudus Ini Sukses Bikin Penasaran untuk Mencicipi, Pembeli Sampai Ngantre

Tak hanya daging satenya yang empuk, rasa dari satenya juga enak dan sedap, sebab ia menggunakan bumbu khas dengan rempah-rempah yang mampu meresap ke dalam daging. Selain itu, bumbu yang ia gunakan juga membuat dagingnya tidak amis.

“Untuk rasa, sate di sini kata mereka sedap dan bumbunya meresap. Kita juga ada dua sambal untuk satenya, ada sambal kecap dan sambal kacang yang bisa request sesuatu selera mereka,” katanya saat ditemui, Selasa (15/11/2022).

Menurutnya, setiap hari rata-rata bisa menjual 500 tusuk sate ayam, 300 tusuk sate kambing, 10 porsi sate sapi. Ia juga melayani pesanan untuk berbagai acara, mulai acara nikahan, hajatan, khitanan, hingga ulang tahun.

“Harga kita mengikuti pasar tapi masih terjangkau. Satu porsi sate kambing dan sate sapi  Rp27 ribu, Rp35 ribu sate kelinci, Rp15 ribu sate ayam, dan Rp10 ribu untuk gulai,” bebernya.

Istana Sate & Gule Bang Sentut ini buka setiap hari mulai pukul 9.00 hingga 21.00 WIB atau sampai habis. Selain di warung yang berada di depan rumah, dirinya juga membuka lapak setiap pukul 12.00 WIB di depan pabrik Djarum Bulungan. Untuk pemesanan bisa menghubungi WhatsApp di 0857-8601-6637.

Baca juga: Nikmatnya Menyantap Rajungan Saus Merah Nan Lezat Khas Tambak Polo Demak

“Pelanggan tidak dari Kudus saja, ada dari luar kota mulai dari Jepara, Pati, Demak, Purwodadi, Yogyakarta, Banyuwangi, Banten hingga bule Australia juga pernah mampir,” tuturnya.

Salah satu pelanggan, Ridho mengaku sudah berlangganan di Istana Sate & Gule Bang Sentut sejak lama. Menurutnya, rasa sate kambingnya beda dengan yang lain.

“Setiap Minggu dua sampai tiga kali ke sini untuk makan sate kambing. Sate Bang Sentut dagingnya empuk, rasanya enak, bumbunya pas harganya juga pas. Dulu tahu sini dikasih tahu temen akhirnya jadi langganan,”  ungkap warga Desa Ngembal, Kecamatan Jati, Kudus itu.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler