31 C
Kudus
Selasa, Desember 6, 2022
BerandaKISAHIseng Posting di...

Iseng Posting di Sosmed, Atin Malah Kebanjiran Orderan Buket yang Kini Jadi Usaha Menjanjikan

BETANEWS.ID, JEPARA – Nailin Nafiatin (24) tampak telaten merangkai satu persatu snack yang telah ditempel tusuk sate untuk dijadikan buket snack. Ia kemudian memasang kertas buket yang dilipat sedemikian rupa hingga beberapa layer. Setalah jadi, tidak lupa ia menambah kain spunbond agar rapi dan dipercantik dengan tambahan tali pita.

Di sela-sela membuat buket itulah Atin bersedia bercerita awal mula usaha yang dirintis pada 2020 itu. Menurutnya, bisnis buket tersebut berawal dari jasa bimbingan belajar (bimbel) miliknya yang ketika lulus, ia memberikan buket snack kepada anak didiknya.

Berbagai buket yang bisa dipesan di Nailin Handycraft. Foto: Erna Safitri

Saat kelulusan itu, kemudian ia iseng mempostingnya di status WhatsApp dan Instagram. Tidak disangka, ternyata banyak yang merespon dan tertarik memesan buket snack kepadanya.

- Ads Banner -

Baca juga: Bawa Rp15 Ribu ke Nailin Handycraft Sudah Dapat Buket Cantik untuk Orang Tersayang Lho

Sejak saat itu, Atin mulai kebanjiran pesanan buket, baik untuk acara perpisahan sekolah, wisuda, hingga ulang tahun. Atin kemudian mulai mengembangkan usaha buketnya dengan belajar membuat beragam buket melalui sosial media Instagram dan YouTube.

“Awalnya di rumah, sekarang masih juga bikin di rumah. Kalau toko ini dulu milik almarhum ibu untuk jualan baju. Tapi karena saya gamau jualan baju apalagi fashion perempuan yang cepat berganti, saya manfaatkan untuk buka usaha buket. Kebetulan di pasar belum ada yang jualan buket seperti ini,” katanya saat ditemui, Sabtu (12/11/2022).

Toko yang berada di dalam Pasar Kalinyamatan Kios Blok A No.10 itu mulai berkembang, tidak hanya menyediakan beragam buket saja, karena ia juga menjual perlengkapan pembuatan buket secara ecer. Selain itu, ia menerima jasa hias hantaran, jasa desain, hingga cetak banner.

Baca juga: Kisah Kevin, Sarjana Hukum yang Pilih Usaha Kuliner Ketimbang Rintis Karir di Pengadilan

“Harganya beragam, kalau buket snack mulai dari Rp15 ribu, snack tower dari Rp90 ribu, lalu paling mahal ada Rp300 ribu kalau buket uang yang ukurannya besar,” bebernya.

Atin mengaku, pelanggan yang memesan buket buatanya tidak hanya dari warga sekitar Kalinyamatan dan Jepara saja, melainkan ada dari Kudus hingga Jakarta. Paling banyak satu hari pernah ada pesanan 300 buket, dan rata-rata sehari minimal 1 orderan.

“Harapannya, akan ada banyak yang mengenal buket Nailin Handycraft yang harganya murah karena pasarannya memang untuk targetnya menengah ke bawah,” tandasnya.

Editor: Ahmad Muhlisin

Erna Safitri
Erna Safitri
Erna Safitri adalah reporter Beta News yang bergabung pada 2022. Pernah menempuh pendidikan di IAIN Kudus Jurusan Komunikasi.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,337PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler