31 C
Kudus
Selasa, November 29, 2022
BerandaKUDUSHartopo Akan Gratiskan...

Hartopo Akan Gratiskan Iuran BPJS Kesehatan Bagi Warga Kurang Mampu yang Belum Jadi Peserta

BETANEWS.ID, KUDUS –  Bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Bupati Kudus Hartopo berkomitmen memberi jaminan kesehatan warga kurang mampu. Hal itu diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman dengan BPJS Kesehatan Kudus untuk menggratiskan iuran bagi warga kurang mampu yang belum jadi peserta.

“Warga kurang mampu yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan akan didata dan kami daftarkan menjadi keanggotaan yang dibiayai pemerintah,” ucapnya usai menjadi pembina apel Peringatan HKN di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Sabtu (12/11/2022).

Hartopo memimpin apel Peringatan HKN di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Sabtu (12/11/2022). Foto: Ist

Kebijakan itu adalah lanjutan Universal Health Coverage (UHC) yang telah dicapai Pemkab Kudus. Pihaknya menjelaskan telah menganggarkan dan siap memberi jaminan kesehatan paling tidak hingga 98 persen warga kurang mampu di Kudus.

- Ads Banner -

Baca juga: 3 Rumah Sakit dengan Antrean Online Terbaik Versi BPJS Kesehatan Kudus

“Pemberian jaminan kesehatan sudah menjadi komitmen kami, lanjutan dari capaian UHC. Paling tidak, kami akan menjamin kesehatan 98 persen warga kurang mampu,” imbuhnya.

Hartopo menerangkan telah berkoordinasi dengan kepala desa untuk mendata warga kurang mampu yang belum menjadi anggota BPJS Kesehatan. Selanjutnya, data tersebut akan diverifikasi oleh Dinsos P3AP2KB yang kemudian didaftarkan menjadi anggota BPJS Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kudus.

“Verifikasi datanya tak hanya dari pihak desa. Kami melibatkan Dinsos P3AP2KB untuk survei langsung sehingga data benar-benar valid,” ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Kudus Agustian Fardianto menambahkan, warga yang didaftarkan ke BPJS Kesehatan mulai November langsung menjadi anggota aktif. Sehingga, warga tak perlu menunggu satu bulan untuk aktivasi kartu. Selain itu, Agustian menerangkan per 1 November, capaian UHC Kabupaten Kudus sekitar 95,4 persen.

Baca juga: Jemput Bola, BPJS Kesehatan Kudus Buka Layanan di Pasar Tradisional

“Kalau biasanya setelah didaftarkan kartunya baru aktif bulan depan, ini kartunya langsung bisa aktif bulan itu juga,” paparnya.

Pada apel tersebut, Bupati juga menyerahkan penghargaan sentra vaksin terbaik kepada Djarum Foundation, PT Nodjorono, dan PT Sukun Wartono Indonesia. Kemudian penghargaan juga diberikan kepada SD 2 Pasuruan Lor, SDIT Al-Islam Kudus, dan MI NU Islami Gamong sebagai sekolah bebas nyamuk.

Terakhir, Bupati menyerahkan penghargaan fasilitas kesehatan berprestasi kepada RS Mardi Rahayu kategori RS Tipe B, RSI Sunan Kudus kategori RS Tipe C, RS Aisyiyah Kudus kategori RS Tipe D, dan UPTD Puskesmas Jepang.

Editor: Ahmad Muhlisin

Ahmad Muhlisin
Ahmad Muhlisinhttps://betanews.id
Jurnalis Beta Media yang sebelumnya telah lama menjadi reporter dan editor di sejumlah media.

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler