31 C
Kudus
Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaSOLOGanjar Minta Perguruan...

Ganjar Minta Perguruan Tinggi Tiru Cara UNS yang Berhasil Bawa UMKM Ekspor ke Prancis

BETANEWS.ID, SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta perguruan tinggi meniru kebarhasilan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang berhasil membantu UMKM sampai bisa ekspor ke Prancis.

“Makanya di perguruan tinggi itu kan punya research, punya mahasiswa, terus kemudian punya konsep Merdeka Belajar. Praktekin aja,” ujar Ganjar usai menghadiri kegiatan UMKM Jateng Goes To France yang diselenggarakan di Solo Techno Park, Rabu (9/11/2022).

Menurut Ganjar, jika satu perguruan tinggi saja diminta untuk mendampingi beberapa UMKM, selanjutnya dilakukan sistem kurasi pada produk yang dihasilkan, maka akan dapat membuat produk tersebut naik kelas. Soal pembiayaan, menurutnya sudah banyak solusi yang dapat dipilih, khususnya di Jawa Tengah.

- Ads Banner -

Baca juga: Keren! Produk UMKM Solo Berhasil Ekspor ke Prancis

“Ada banyak KUR, kalau yang ada di Jawa Tengah, Bank Jateng sudah siap. Makanya kenapa kita bikin Kredit Mitra Jateng 25, Kredit Milenial itu sebenarnya kita pakai untuk mensikapi situasi seperti ini agar kemudian BPD seperti Bank Jateng itu betul-betul fit pada kondisi daerah dan waktu,” paparnya.

“Kalau umpama nanti di Banyumas ya ada Unsoed juga bisa kita dorong, di Semarang ada Undip bisa kita dorong, atau perguruan tinggi swasta  saya kira cukup banyak ya, yang sudah membantu,” katanya.

Baca juga: Dirikan Omah Kreatif, Hesti Ingin Rangkul UMKM Agar Bisa Lebih Maju

Ganjar juga menyebut, sebelumnya Universitas Katolik Soegijapranata Semarang telah menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik untuk mendampingi UMKM.

“Nah kalau UNS ini pengalamannya sudah panjang sekali. Nah sekarang pengalaman yang panjang itu mari kita wujukan dalam bentuk yang konkrit, jualan bisa direplikasi,” tandas Ganjar.

Editor: Ahmad Muhlisin

LIPSUS 15 - Ketoprak Pati Pantang Mati

LIPUTAN KHUSUS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

33,301FansSuka
15,628PengikutMengikuti
4,336PengikutMengikuti
97,028PelangganBerlangganan

Berita Terpopuler