31 C
Kudus
Jumat, Maret 29, 2024

Digempur Era Digitalisasi, Bruri Eksis Jualan Kaset Pita Jadul

BETANEWS.ID, SEMARANG – Berawal dari hobinya yang gemar mengoleksi kaset pita dari band favoritnya sejak di bangku sekolah dasar (SD), Bruri Prasetyo (38), Pemilik Come Store sukses memiliki toko kaset pita yang bahkan bisa bertahan sampai sekarang di era banyaknya platfrom digital untuk mendengarkan musik secara instan.

Di toko miliknya yang berada di Jalan Pamularsih Kota Semarang, ada kurang lebih 5 ribu kaset pita dan vinyl atau piringan hitam yang ia jual dan tertata rapi di setiap sudut tokonya.

Come Store, toko di Semarang yang menjual kaset pita. Foto: Kartika Wulandari.

Baca juga: Rumah Padang di Semarang Ini Juga Jual Ribuan Kaset Pita Jadul

“Awalnya karena suka musik dan suka koleksi kaset pita band-band kesukaan saya dan itu berlangsung sampai dewasa. Nah akhirnya saya mencoba peruntungan membuka usaha yang menjadi hobi saya juga, dan alhamdulillah malah jadi jalan rezeki saya,” akunya.

“Mulai buka toko tahun 2017, toko ini sebelumnya studio musik, tapi sudah tutup dan saya ubah jadi toko kaset,” tambahnya.

Bruri menyebut, ada banyak jenis genre musik yang ia sediakan di toko kasetnya. Tak hanya lagu lawas, lagu terbaru pun ada di tokonya.

“Karena kita menjual, jadi semuanya saya sediakan mulai dari lagu lawas, lagu terbaru, dari genre pop, dangdut, sampai rock ada semua di sini. Karena kita kan sistemnya menebar jala agar semua pasar kejangkau semua,” jelasnya.

“Untuk suplier biasanya ambil dari Jakarta Pusat, kalau untuk vinyl (piringan hitam) ada yang ambil dari luar negeri juga kayak Jepang, Jerman, dan Amerika,” tambahnya.

Tak hanya menjual secara langsung di tokonya, Bruri juga menjual kasetnya melalui marketplcae dan media sosial.

Mengenai harga, ia mengaku harga yang ditawarkan sangat variatif, tergantung tipe musik, jenis band, dan histori.

“Harganya variative, mulai dari Rp 30 ribu sampai ratusan ribu, tergantung jenis band dan histori dari kasetnya. Soalnya, kadang kaset juga punya histori yang membuat harganya jadi mahal,” ungkapnya.

Baca juga: Sejarah Studio Musik Lokananta, Tempat Merekam Lagu Indonesia Raya Setelah Kemerdekaan

“Jualnya di toko sama di online, tapi biasanya yang koleksi-koleksi bagus sengaja tidak saya jual di online, khusus pelanggan yang datang di toko saja. Kalau online ada di Instagram @comestoreid,Bukalapak, dan Tokopedia,” katanya.

Bruri pun memberikan tips, agar kaset pita awet sebaiknya dijauhkan dari panas matahari secara langsung. Kemudian, simpan di tempat kering karena jika lembab kaset bisa tumbuh jamur dan covernya bisa lengket. Yang terakhir, jauhkan kaset dengan barang yang mengandung elektromagnetik.

Editor: Kholistiono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

42,000FansSuka
13,322PengikutMengikuti
30,973PengikutMengikuti
133,000PelangganBerlangganan

TERPOPULER